Sesalkan Tindakan AS, Wakil Ketua MPR Kunjungi Dubes Iran

Sesalkan Tindakan AS, Wakil Ketua MPR Kunjungi Dubes Iran

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Wakil Ketua MPR RI Fadel Muhammad mengutuk keras dan menyesalkan tindakan Presiden Amerika Serikat Donald Trump yang membunuh Jenderal perang Iran Qasem Soleimani dengan bom tanpa awak di Irak pada Jumat (3/1/2020) lalu.

Qassem Sulaimani adalah pimpinan dari Quds Force selaku satuan pasukan khusus yang dimiliki salah satu bagian dari pasukan bersenjata Iran, Revolutionary Guards. Ia tewas dalam serangan di Baghdad, Irak.

“Kita sangat menyesalkan tindakan arogan Amerika Serikat tersebut,” demikian Fadel Muhammad anggota DPD RI dari Gorontalo itu, saat bertemu Duta Besar Iran untuk Indonesia, Mohammad Azad di kediamannya, di Jakarta, Jumat (10/1/2020).

Menurut Fadel, tindakan Amerika terhadap Jenderal Soleimani itu juga terkait dengan masalah kemanusiaan Hak Asasi Manusia (HAM) yang berhubungan langsung dengan masyarakat internasional.

“Untuk itu kami turut berduka cita atas gugurnya pahlawan Iran tersebut. Kami juga berharap ada jalan keluar yang terbaik yakni perdamaian antara kedua negara,” pungkas Fadel.

Iran juga telah melakukan balas dendam dengan membombardir pangkalan militer AS diu Irak pada Rabu (8/1/2020) lalu.

“Setidaknya 80 personil militer terbunuh pada serangan itu,” kata televisi pemerintah sebagaimana dilansir dari AFP. (WS)