Nasional

Seribu Warga Duduki Kantor Bupati Cianjur Tuntut Penutupan Pabrik Timah

CIANJUR, SENAYANPOST.com – Seribuan warga Desa Cinangsi, Kecamatan Cikalongkulon yang tergabung dalam Gerakan Masyarakat Cikalongkulon Sauyunan, menduduki Kantor Bupati Cianjur, Jumat (18/10/2019).

Warga menuntut penutupan aktivitas pabrik pengolahan bahan baku timah di wilayah tersebut.

Tuntutan ini karena pabrik tersebut diduga tidak mengantongi izin lengkap, mencemari lingkungan sekitar dan dampak luasnya terhadap banyak warga yang mengeluh sakit, seperti gangguan pernapasan dan gatal-gatal.

Warga telah berkali-kali mengajukan keberatan atas beroperasinya PT Indo Central Mining Service, mulai dari tingkat desa, kecamatan, hingga dinas terkait di Pemkab Cianjur karena merugikan warga sekitar.

“Keluhan warga tidak didengar pihak perusahaan yang tetap menjalankan kegiatan pengolahan. Bahkan, setelah disegel pihak terkaitpun, tidak diindahkan,” kata Agus, perwakilan warga kepada wartawan.

Warga, kata dia, memilih jalan aksi unjuk rasa ke Kantor Bupati Cianjur dengan tuntutan ditutupnya perusahaan yang sudah sempat disegel pihak terkait di Pemkab Cianjur.

Kepala Satpol PP Cianjur, Muzani Saleh, mengatakan sejak beberapa waktu lalu, atas keluhan warga, pihaknya telah melakukan penyegelan dan pengosongan pabrik dengan dihadiri pemilik dan Muspika Cikalongkulon.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Pemkab Cianjur, Cecep Alamsyah, mengatakan selama ini PT Indo Central Mining Service belum mengantongi perizinan sehingga kembali akan dilakukan penyegelan. (WS)

KOMENTAR
Tags
Show More
Back to top button
Close
Close