Internasional

Serangan ke Kilang Minyak Aramco, Arab Bakal Bertindak jika Iran Terlibat

RIYADH, SENAYANPOST.com – Amerika Serikat dan Arab Saudi meyakini bahwa serangan terhadap fasilitas minyak Aramco melibatkan Iran, meskipun tuduhan itu telah dibantah oleh Teheran.

Menyikapi hal ini, Arab Saudi mengancam akan mengambil tindakan yang tepat untuk menanggapi serangan terhadap fasilitas minyaknya, jika hasil penyelidikan mengonfirmasi keterlibatan Iran.

Serangan pada Sabtu (14/9/2019) dini hari pekan lalu itu telah menghancurkan dua fasilitas kilang minyak Arab Saudi di Abqaiq dan Khurais.

Disampaikan Menteri Luar Negeri Arab Saudi Adel al-Jubeir, penyelidikan bakal membuktikan bahwa serangan yang terjadi pada Sabtu (14/9/2019) dini hari pekan lalu datang dari utara dan bahwa Iran turut bertanggung jawab.

“Kerajaan akan mengambil langkah-langkah yang tepat berdasarkan hasil penyelidikan yang dilakukan, untuk memastikan keamanan dan stabilitasnya,” kata Jubeir dalam konferensi pers, Sabtu (21/9/2019).

Jubeir menolak untuk berspekulasi tentang tindakan spesifik yang akan diambil pemerintah Arab Saudi dan memilih menunggu hasil penyelidikan.

“Kami percaya serangan yang diluncurkan tidak datang dari Yaman, melainkan dari utara. Investigasi akan membuktikan hal itu,” tambahnya.

Riyadh juga telah menolak klaim oleh kelompok gerilyawan Yaman, Houthi, yang didukung Iran, sebagai pihak yang bertanggung jawab atas serangan terbesar terhadap fasilitas minyak di Arab Saudi itu.

Serangan terhadap dua fasilitas minyak itu telah berdampak pada penurunan produksi minyak Arab Saudi dan pada akhirnya memicu lonjakan harga minyak dunia.

Penyelidikan awal yang dilakukan Saudi telah menunjukkan adanya senjata buatan Iran yang digunakan dalam serangan. (JS)

KOMENTAR
Tags
Show More
Back to top button
Close
Close