KulinerTravel

Sepuluh Tempat Wisata yang Wajib dikunjungi di Solo

Sepuluh Tempat Wisata yang Wajib dikunjungi di Solo. Setelah hampir menempuh waktu 28 jam dari Jakarta via Semarang, melewati kemacetan berat di kota Brebes pada mudik Idul Fitri 2016, akhirnya tiba juga di kota Solo. Kota Solo merupakan nama sebutan dari Kota Surakarta, yaitu merupakan salah satu Kotamadya yang berada di Jawa Tengah bagian selatan.
Dahulu Surakarta merupakan sebuah karesidenan, dengan wilayah meliputi Surakarta, Boyoali, Sukoharjo, Karanganyar, Wonogiri, Sragen dan Klaten. Dahulu sempat ada singkatan untuk menyebut ketujuh kabupaten diatas, yaitu ” Subo Suko Wonosraten. Yang menarik kota Solo ini menjadi sorotan karena melahirkan seorang presiden Republik Indonesia, Bapak Joko Widodo (Jokowi).
Selain kulinernya yang murah dan “Uenak Tenan”, berikut ini adalah dua belas tempat wisata yang wajib dikunjungi di kota Solo versi Senaya Post.

Keraton-Surakarta
Keraton-Surakarta
1. Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat
Berkunjung ke Kota solo rasanya kurang lengkap apabila belum mengunjungi Keraton Surakarta. Keraton ini bernama lengkap Keraton Surakarta Hadiningrat. Dahulu keraton ini adalah bagian dari kerajaan Mataram, namun karena permasalahan politis dengan Belanda akhirnya Kerajaan Mataram ini dipecah menjadi 2 yaitu Kasunanan Surakarta yang dipimpin oleh Pakubuwono III dan Kasultanan Yogyakarta yang dipimpin Oleh Pangeran Mangkubumi. Pangeran Mangkubumi ini kemudian bergelar Sultan Hamengku Buwono I sekaligus titik awal Kerajaan Yogyakarta yang masih berdiri sampai saat ini. Sampai saat ini keraton Surakarta masih berdiri dengan tegak. Didalamnya banyak tersimpan berbagai peninggalan Raja-raja sebelumnya. Pengunjung dapat melihat berbagai koleksi di dalam Istana ini. Selain itu di Keraton Surakarta juga sering diselenggarakan upacara adat pada hari-hari tertentu, seperti Sekaten pada malam Maulid nabi dan arak kebo Kyai Slamet saat malam Satu Suro.
Pandawa Water Park
Pandawa Water Park
2. Pandawa Water World Solo Baru
Pandawa Water World Solo Baru adalah sebuah wahana wisata air yang sudah menjadi salah satu tempat wisata di Solo yang terkenal. Berlokasi di Solo Baru, Pandawa Water World Solo Baru menawarkan pengalaman bermain air yang menyenangkan bagi keluarga anda dengan fasilitas lengkap sehingga cocok untuk semua umur. Harga tiket masuk Pandawa Water World Solo Baru adalah 50,000 Rupiah pada hari Senin sampai dengan Jumat, dan 100,000 Rupiah pada hari Sabtu, dan Minggu.
Taman Sriwedari
Taman Sriwedari
3. Taman Sriwedari
Taman Sriwedari adalah sebuah taman di Kecamatan Lawiyan yang indentik dengan unsur sejarah. Dahulu kala, Taman Sriwedari dibuat untuk tempat rekreasi keluarga kerajaan. Sekarang ini, Taman Sriwedari adalah salah satu tempat wisata di Solo yang menarik untuk dikunjungi. Selain itu, di lokasi ini juga terdapat Gedung Wayang Orang Sriwedari yang mempertunjukan kesenian wayang dengan tema cerita Mahabarata dan Ramayana.
Pasar Gede Solo
Pasar Gede Solo
4. Pasar Gede & Klewer Solo
Selain wisata budayanya, Kota Solo juga terkenal dengan wisata belanjanya. Salah satu wisata belanja yang tak mungkin untuk dilewatkan adalah belanja di Pasar Gede Solo.Pasar Gede Hardjonegoro atau yang biasa dikenal dengan Pasar Gede Solo adalah salah satu fragmen sejarah kota Solo. Berada di Jalan Jendral Sudirman menuju Jalan Urip Sumohardjo kota Solo, Pasar Gede berdiri menjadi ruang interaksi sosial sekaligus “monumen sejarah” Surakarta. Revitalisasi Pasar Gede Solo yang tetap dirawat sebagai fragmen sejarah dan ruang interaksi sosial dengan penataan interior dan lapak pedagang yang rapi patut menjadi contoh untuk pasar-pasar tradisional lainnya di Indonesia. Bukan sesuatu yang berlebihan karena di tahun 2011 Pasar Gede dinobatkan sebagai Pasar Tradisional Terbaik se-Jawa Tengah. Sebelum Kebakaran akhir Desember 2014 Pasar Klewer merupakan pasar yang menyediakan berbagai macam kain, batik dan pakaian terbesar di Solo. Disini anda dapat membeli pakaian dengan harga murah, karena di pasar Klewer tempatnya grosir pakaian. Namun perlu diingat juga bahwa anda juga harus pandai-pandai menawar harga. Kalau tidak pintar menawar bisa-bisa malah harga pakaiannya menjadi mahal. Pasar Klewer tahap pertama sedang dibangun saat ini namun pedagang-pedagang yang mengungsi masih dapat ditemukan disekitar pasar Klewer.
Museum Batik Danar Hadi
Museum Batik Danar Hadi
5. Museum Batik Danar Hadi Solo
Jika anda dari luar kota dan sedang berkunjung untuk wisata ke Solo nampaknya kurang lengkap apabila belum membeli batik Danar Hadi sebagai oleh-oleh. Danar Hadi merupakan merek batik ternama dari Solo. Selain outlet penjualan, Danar Hadi juga membuat sebuah museum tentang batik yaitu Museum Batik Danar Hadi. Di Museum ini pengunjung dapat melihat koleksi motif berbagai macam batik dari seluruh nusantara.
Wisata Kuliner Galabo Solo
Wisata Kuliner Galabo Solo
6. Galabo – Solo
Tempat Wisata di Solo berikut ini adalah berupa wisata kuliner yang dibuka pada malam hari. Galabo merupakan singkatan dari Gladak Langen Bogan yaitu semacam pusat kuliner yang berada di Solo dan buka setiap malam hari. Di lokasi ini ada berbagai macam outlet makanan dan jajanan yang siap menyediakan makanan kesukaan anda. Outlet yang berjualan ini pada dasarnya merupakan outlet yang ada di Kota Solo, namun diberi ruang khusus untuk membuka warung di tempat ini sehingga pengunjung dapat menikmati berbagai macam makanan dalam satu lokasi. makanan yang dijajakan misalnya bistik, angkringan, sate, bandeng  bakar, soto, timlo, gudek dll. Oh ya lokasi Galabo ini sesua namanya berada di kawasan Gladak, atau tepatnya di depan PGS.
Kampung Batik Laweyan Solo
Kampung Batik Laweyan Solo
7. Kampung Batik Laweyan & Kampung Batik Kauman Solo
Solo merupakan Kota yang terkenal akan batiknya sehingga tak heran apabila di Solo ada kampung batik. Sebenarnya ada 2 kampung batik yang terkenal di Solo yaitu Kampung Batik Laweyan dan Kampung Batik Kauman. Di dua tempat ini sama-sama terdapat banyak pengrajin batik tradisional. Namun kabarnya kedua tempat ini memiliki corak yang berbeda dalam pembuatan batik. Di Kampung Batik kauman, motif atau corak batik lebih cenderung gelap, sedangkan di Laweyan cenderung gelap. Namun pastinya kedua tempat ini menyediakan oleh-oleh khas Solo berupa batik.
Wisata Taman Balekambang Solo
Wisata Taman Balekambang Solo
8. Taman Balekambang
Taman Balekambang adalah tempat wisata di Solo yang sering digunakan untuk mengisi waktu liburan. Taman Balekambang yang berlokasi di Jalan Ahmad Yani ini memiliki luas sekitar 10 hektar. Taman Balekambang dibagi menjadi dua bagian, yaitu Taman Air Partini yang digunakan untuk permainan perahu, dan Hutan Partinah yang mempunyai koleksi berbagai jenis tanaman langka. Taman Balekambang mulai difungsikan sebagai taman rekreasi dan edukasi sejak tahun 2008.
Grojogan Sewu Tawangmangu
Grojogan Sewu Tawangmangu
9.Grojogan Sewu Tawangmangu
Kalau anda ingin keluar kota sedikit, Grojogan Sewu Tawangmangu merupakan tempat wisata di Solo kategori wisata alam yang paling terkenal. Berada di sisi barat Gunung Lawu, Grojogan Sewu Tawangmangu adalah sebuah air terjun yang sangat indah dan menyimpan jutaan misteri. Lokasi air terjun Grojogan Sewu Tawangmangu tidaklah jauh dari kota Solo, hanya sekitar 37 KM di sebelah timur kota Solo, tepatnya di Kabupaten Karanganyar. Harga tiket masuk Grojogan Sewu Tawangmangu adalah 18,000 Rupiah per orang.
Museum Radya Pustaka
Museum Radya Pustaka
10. Museum Radya Pustaka
Museum Radya Pustaka terdapat di dekat Kompleks Taman Sriwedari Solo. Museum ini merupakan salah satu museum tertua di Indonesia. Di dalam museum ini banyak menyimpan benda-benda yang berhubungan dengan Kota Solo dan peninggalan Keraton Mataram. Salah satu koleksi yang cukup terkenal adalah koleksi berupa porselen yang merupakan hadiah dari Napoleon Bonaparte kepada Sri Susuhunan Paku Buwono IV.
Demikian tadi informasi seputar berbagai tempat wisata versi Senayan Post di Kota Solo yang wajib anda kunjungi. Selamat berlibur.

KOMENTAR
Tags
Lihat selanjutnya
Close