Seorang WNI Terpapar Corona di Australia

Seorang WNI Terpapar Corona di Australia

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Seorang WNI di Australia positif terinfeksi virus corona atau Covid-19. Pemerintah Indonesia telah melakukan komunikasi dengan Konsulat Jendral RI di sana terkait hal tersebut.

“Sekarang kondisinya stabil dan sedang dirawat oleh fasilitas kesehatan yang ditunjuk oleh otoritas kesehatan Australia,” kata Juru bicara penangan virus Corona (Covid-19), Achmad Yurianto di Jakarta, Senin (9/3/2020).

Dia menyatakan, riwayat perjalanan WNI tersebut cukup panjang. Namun, pemerintah meyakini bahwa yang bersangkutan tidak melakukan kontak dekat orang Indonesia yang positif terpapar virus corona.

Pasalnya berdasarkan keterangan yang diterima Yuri, sesampainya di Australia, WNI tersebut beberapa kali mengunjungi rumah makan Vietnam. ini lah dugaan WNI tersebut tertular virus corona.

“Di sana banyak sekali orang Asia Tenggara yang makan. Kemudian muncul keluhan, [oleh] otoritas kesehatan dinyatakan positif,” katanya.

Adapun hingga siang hari ini, Senin (9/3/2020), Indonesia mencatat 6 kasus positif Covid-19 di dalam negeri. Semua pasien tengah diisolasi di rumah sakit. Sebanyak 5 kasus di antaranya saling terkait. Seperti diberitakan sebelumnya, satu di antara pasien diduga tertular dari warga negara Jepang saat menghadiri sebuah acara pesta dansa.

Sementara itu 1 kasus lainnya, terinfeksi saat menjadi anak buah kapal Diamond Princess. Kapal tersebut sempat disebut sebagai episentrum penyebaran Covid-19.

Menurut Yuri, seluruh pasien saat ini dirawat tanpa gejala kesehatan yang signifikan dan juga tanpa alat bantu kesehatan, seperti selang oksigen dan infus.

Hingga, Minggu (8/3/2020), Kementerian Kesehatan telah meneliti 620 spesimen terkait pengendalian wabah Covid-19 dari 25 provinsi. Sebanyak 21 tergolong suspect atau diduga telah terinfeksi, tetapi masih membutuh observasi lebih lanjut.