Politik

Seorang Pantarlih Kota Yogyakarta Diduga Anggota Parpol

YOGYAKARTA, SENAYANPOST.com – Ketua Panwaslu Kota Yogyakarta, Iwan Ferdian, Jumat (4/5/2018) mengatakan, salah satu Pantarlih di Kota Yogyakarta diduga tercatat sebagai anggota partai politik.

“Ada satu anggota Pantarlih di wilayah Kota Yogyakarta ini yang tercatat sebagai anggota salah satu parpol. Karena itu, kami minta kepada KPU Kota Yogyakarta untuk segera mencopot dan mengganti dengan orang lain yang memenuhi syarat,” kata Iwan.

Dia menjelaskan, syarat awal yang ditetapkan, Pantarlih harus netral yang tidak tercatat sebagai anggota partai politik.

Dugaan salah satu pantarlih adalah anggota parpol, ujarnya, berawal dari kecurigaan panwascam karena pantarlih tersebut masuk dalam daftar “sampling” saat verifikasi anggota partai politik oleh KPU Kota Yogyakarta.

Pada saat dilakukan verifikasi, lanjut Iwan, pantarlih yang bersangkutan dapat menunjukkan syarat yang diminta yaitu kartu tanda penduduk dan kartu tanda anggota partai.

“Data pantarlih dinyatakan memenuhi syarat saat verifikasi keanggotaan pada proses pendaftaran partai politik,” katanya.

Oleh karena itu, lanjut Iwan, Panwaslu sudah menyampaikan rekomendasi agar KPU Kota Yogyakarta melakukan penggantian petugas dan mengulang kembali hasil verifikasi daftar pemilih yang sudah dilakukan.

Panwaslu Kota Yogyakarta mengkhawatirkan terjadi manipulasi data pemilih karena integritas pantarlih dipertanyakan. (MU)

KOMENTAR
Tags
Show More
Close