Ekonomi

Sentra Kelautan dan Perikanan Terpadu Harus Segera Diselesaikan

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Pemerintah diingatkan agar segera menyelesaikan berbagai sarana dan prasarana yang telah ditentukan terkait dengan pembangunan Sentra Kelautan dan Perikanan Terpadu (SKPT) di berbagai daerah.

“Pemerintah masih lamban dan kurang fokus dalam menyelesaikan pembangunan SKPT sehingga dapat menghambat daya saing sektor perikanan,” kata Anggota DPR RI dan Ketua Kelompok Komisi IV Fraksi PKS, Slamet, dalam rilis yang diterima di Jakarta, Minggu (27/10/2019).

Slamet mengingatkan bahwa pekerjaan rumah yang perlu dilakukan di sektor kelautan dan perikanan adalah pembangunan sistem rantai dingin di 31 lokasi SKPT.

Selain itu juga penambahan jumlah pelabuhan ekspor hasil perikanan melalui penetapan bandara dan pelabuhan laut untuk ekspor di 20 lokasi SKPT, serta 3.000 usaha kecil menengah (UKM) perikanan yang berbadan hukum koperasi.

Ia menambahkan,, dalam Perpres No.3/2017 juga telah mengamanatkan sebanyak 5 program dan 28 kegiatan yang harus segera ditindak lanjuti secara strategis oleh berbagai kementerian.

Beberapa amanat Perpres tersebut, lanjutnya, yang saat ini pelaksanaannya sangat lamban yaitu pembangunan 4.787 kapal ikan berukuran di bawah 30 GT oleh Pemerintah dan 12.536 kapal ikan di atas 30 GT oleh swasta. (JS)

KOMENTAR
Tag
Show More
Back to top button
Close
Close