Features

Sendok Perak Bekas Napoleon Bonaparte Laku Dilelang Rp 139 Juta

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Sebuah sendok berbahan perak yang diyakini pernah menjadi milik Napoleon Bonaparte terjual dengan harga 8.375 euro atau lebih dari Rp 139 juta dalam lelang yang diadakan oleh Rumah Lelang Osenat di Fontainebleau, Perancis, Minggu (1/7/2018).

Melansir dari AFP, sendok perak yang pernah digunakan Napoleon selama dalam pengasingan di St Helena itu memiliki lambang Kekaisaran Perancis saat dijabat Napoleon. Selain barang-barang milik Napoleon, rumah lelang tersebut turut melepas koleksi 18 lembar herbarium, atau tanaman kering yang diyakini adalah milik dari Josephine, istri Napoleon.

Koleksi herbarium tersebut terjual dengan harga 70.000 euro atau sekitar Rp 1,1 miliar. Sebuah patung Ratu Josephine dalam busana istana kerajaan Perancis karya pematung Lyon Josep Chinard juga dilelang pada kesempatan yang sama dan laku senilai 32.500 euro (sekitar Rp 542 juta).

Satu lagi barang peninggalan kerajaan Perancis yang dilelang yakni sebuah senapan laras panjang yang diyakini pernah digunakan oleh Raja Louis XVI untuk berburu. Senapan itu laku terjual seharga 80.000 euro atau lebih dari Rp 1,3 miliar.

Sebelumnya, sebuah topi khas milik Napoleon juga telah dilelang oleh rumah lelang De Baecque di Lyon, Perancis, pada 18 Juni lalu. Topi yang diyakini dikenakan sang Kaisar Perancis dalam pertempuran di Waterloo sekitar 230 tahun lalu itu terjual seharga 350.000 euro atau sekitar Rp 5,6 miliar.

Nilai tersebut jauh di atas perkiraan panitia lelang yang semula menafsirkan hanya sekitar 40.000 euro (sekitar Rp 650 juta). Topi tersebut diyakini sebagai satu dari 120 topi milil Napoleon yang dikenakan selama dia berkuasa antara tahun 1799 hingga 1815. Dalam sebuah pelelangan pada 2014, seorang konglomerat Korea Selatan membeli salah satu topi Napoleon senilai 2 juta dolar, sekitar lima kali dari harga yang ditawarkan.

Pakar memorabilia militer dan sejarah, Nicolas Dugoujon mengatakan, sulit memprediksi harga dari benda-benda bersejarah yang langka. Namun menurutnya, benda-benda peninggalan Napoleon dan Kekaisaran Perancis I saat ini tengah sangat populer di kalangan masyarakat.

KOMENTAR
Tags
Show More
Close