Nasional

Senapati Nusantara Bakal Usulkan Hari Keris Nasional kepada Jokowi

YOGYAKARTA, SENAYANPOST.com – Serikat Nasional Pelestari Tosan Aji (Senapati) Nusantara berencana akan mengusulkan Hari Keris Nasional kepada Presiden Jokowi. Usulan adanya Hari Keris Nasional ini mengacu pada pengakuan UNESCO atas keris sebagai warisan budaya.

Usulan Hari Keris Nasional ini muncul dalam pembahasan Rapat Kerja (Raker) Agung Senapati Nusantara yang digelar Sabtu hingga Minggu, 9-10 Februari di Hotel Ros In, Yogyakarta.

Sekjen Senapati Nusantara, Hasto Kristiyanto, mengatakan, jika pihaknya akan mengusulkan Hari Keris Nasional kepada Presiden Jokowi. Selain mengusulkan Hari Keris Nasional, dalam raker Senapati Nusantara juga akan membahas tentang upaya pelestarian keris dan tosan aji.

“Raker Agung merumuskan langkah-langkah strategis ke depan yang akan dilakukan. Termasuk upaya untuk mengusulkan kepada Bapak Presiden Jokowi untuk menetapkan Hari Keris,” ujar Sekjen PDI Perjuangan ini disela Raker Agung Senapati Nusantara, Sabtu (9/2/2019) malam.

Hasto mengungkapkan saat ini Keris telah ditetapkan menjadi salah satu warisan budaya Indonesia oleh UNESCO. Keputusan UNESCO tersebut dijadikan landasan untuk mengajukan Hari Keris Nasional.

“(Penetapan Hari Keris Nasional) Sesuai juga dengan pengakuan dari UNESCO. Keris adalah maha karya kita yang luar biasa. Generasi muda kita harus melihat mahakarya itu dan melihat dari seluruh aspek kepribadian melalui produk Tosan Aji,” ungkap Hasto.

Ditemui terpisah, panitia Raker Agung Senapati Nusantara, Sukirman (34) menyampaikan jika Senapati Pamungkas mengusulkan beberapa opsi tanggal untuk penetapan Hari Keris. Opsi tanggal ini salah satunya adalah tanggal 25 November.

“Opsinya adalah Hari Keris diusulkan ditetapkan pada tanggal 25 November. Tanggal itu dipilih karena bertepatan dengan hari pengakuan UNESCO,” tutup Sukirman.

KOMENTAR
Tag
Show More
Back to top button
Close
Close