Sembuh dari Corona, Novel Baswedan Beberkan Tips Ini

Sembuh dari Corona, Novel Baswedan Beberkan Tips Ini
Novel Baswedan melambaikan tangan di depan rumahnya
JAKARTA, SENAYANPOST.com - Setelah menjalani isolasi mandiri selama 11 hari sejak akhir Agustus, Penyidik senior KPK, Novel Baswedan, bersama keluarganya dinyatakan sembuh dari corona. Ia sebelumnya dinyatakan positif COVID-19 bersama istri dan 4 anaknya. Mereka berstatus pasien tanpa gejala.
Novel kemudian membagikan tips bagaimana sembuh dari virus yang telah merenggut 8.336 korban jiwa di Indonesia dan 680.894 secara global tersebut.
Melalui akun Twitternya, @nazaqistsha, Novel menyatakan hal yang paling penting agar cepat sembuh yakni menjaga psikis tetap tenang.
"Karena khawatir, takut, marah, dan sedih justru membuat imun tubuh tidak bekerja dengan efektif. Itu yang saya pahami dari beberapa dokter," ucapnya.
Kemudian, kata Novel, pasien corona harus lebih banyak istirahat agar energi tetap optimal dan membuat imun tubuh bekerja.
"Ketiga, konsumsi ramuan yang berisi herbal dan probiotik. Herbal di antaranya kunyit dan kencur diparut dan diseduh dengan air hangat dicampur dengan madu. Juga rebusan jahe yang diberi minyak kayu putih setetes," kata Novel.
"Selain itu ada beberapa suplemen yang menurut dokter perlu dikonsumsi, di antaranya vitamin C, D, E dan Zinc," lanjutnya.
Diketahui Novel positif corona bersama dengan puluhan pegawai KPK lainnya. Belakangan, selama Maret hingga Agustus 2020, sudah ada 44 orang di KPK yang positif corona.
Akibatnya, KPK sempat lockdown pada 31 Agustus hingga 2 September. Kini pegawai KPK yang bekerja dari kantor dan rumah dibagi 50-50.