Nasional

Sembilan Wantimpres Resmi Dilantik Jokowi, Siapa Saja?

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Sembilan anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) resmi dilantik Presiden Joko Widodo atau Jokowi di Istana Negara, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Jumat (13/12/2019). Anggota watimpres tersebut mulai memasuki lokasi pelantikan pukul 14.30 WIB dan prosesi pelantikan dimulai pukul 14.57 WIB.
Para anggota Wantimpres tersebut berbaris di ruang utama Istana Negara. Selain itu beberapa tamu undangan yang hadir yaitu Menko Perekonomian yang juga Ketum Golkar Airlangga Hartarto, Menko PMK Muhadjir Effendy, Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri, Menteri Bappenas yang juga Plt Ketum PPP Suharso Monoarfa, Wakil Ketua MPR yang juga Sekjen PPP Arsul Sani, hingga Menkominfo yang juga Sekjen NasDem Johnny G Plate.
Acara dimulai dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya. Kemudian dilanjutkan dengan pembacaan petikan Keputusan Presiden mengenai pengangkatan Wantimpres Nomor 137/P/2019.
Para anggota Wantimpres yang terpilih yakni:
1. Eks Menkopolhukam, Wiranto,
2. Pengusaha, Arifin Panigoro
3. Ketua Dewan Pakar Golkar, Agung Laksono
4. Habib Luthfi bin Yahya
5. Politikus senior PDIP, Sidharto Danusubroto
6. Anak Mooryati Soedibyo, Putri Kuswisnu Wardani
7. Bos Mayapada Grup, Dato Sri Tahir
8. Wakil Ketua Umum PPP, Mardiono
9. EksGubernur Jawa Timur Soekarwo
Dalam SK tersebut, Wiranto didaulat menjadi Ketua Wantimpres merangkap anggota. Sementara itu 8 lainnya merupakan anggota. Usai pembacaan SK, para angggota Wantimpres membacakan sumpah jabatan di hadapan Jokowi dan rohaniwan.
“Bahwa saya akan setia kepada UUD Tahun 1945, serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi bakti terhadap bangsa dan negara,” petikan sumpah jabatan para anggota Wantimpres.
Setelah sumpah jabatan, lagu Indonesia Raya kembali dikumandangkan. Setelah itu, Jokowi, memberi ucapan selamat kepada para anggota Wantimpres.
Sebelumnya, anggota Wantimpres pemerintahan Jokowi-Jusuf Kallla, yaitu Sidarto Danusubroto, Yusuf Kartanegara, Agum Gumelar, Suharso Monoarfa, Jan Darmadi, Abdul Malik Fadjar, Subagyo Hadi Siswoyo, Yahya Cholil Staquf. Ketua Wantimpres dijabat oleh Sri Adiningsih.
KOMENTAR
Tag
Show More
Back to top button
Close
Close