Lintas Daerah

Selokan Mataram Yogyakarta Dicemari Sampah

YOGYAKARTA, SENAYANPOST.com — Banyak sampah khususnya sampah rumah tangga yang dibuang di Selokan Mataram yang mengalirkan air dari Sungai Progo dan bermuara di Sungai Opak.

Penjabat Pembuat Komitmen (PPK) di Balai Besar Wilayah Sungai Serayu Opak (BBWS-SO) Yogyakarta, Ovi Anton Nugroho di Yogyakarta, Senin (19/11/2018) mengatakan banyaknya sampah yang dibuang di aliran selokan sepanjang 33,3 kilometer ini akan sangat mengganggu fungsi selokan sebagai jaringan irigasi.

Ia mengatakan, sampah di alur Selokan Mataram jauh lebih banyak dari biasanya terutama di aliran mulai dari Maguwoharjo hingga Prambanan Kabupaten Sleman.

“Petugas BBWS-SO yang selalu melakukan pembersihan memang ada, tetapi kami tetap berharap warga tidak membuang sampah di alur,” katanya.

Menurut dia penumpukan sampah akan sangat menganggu dan berpotensi menimbulkan kerusakan sarana dan prasarana yang ada. BBWS-SO, katanya, juga telah mendata semua kerusakan di saluran yang vital fungsinya bagi sektor pertanian tersebut.

Ovi mengatakan, pihaknya belum bisa melakukan semua perbaikan karena terbatasnya anggaran yang ada. Sehinga, proses perawatan dilakukan secara bertahap dan diupayakan berkesinambungan. (AF)

KOMENTAR
Tags
Show More
Close