Lintas Daerah

Selama Tiga Hari, 11.741 Orang Tinggalkan Bandung

BANDUNG, SENAYANPOST.com – Selama tiga hari mulai hari Jumat hingga Minggu, sebanak 11.741 pemudik meninggalkan Kota Bandung melalui Terminal Cicaheum, Bandung, ke berbagai wilayah seperti Tasikmalaya, Banjar, Pangandaran, Cirebon, hingga Jawa Tengah.

Menurut Kepala Terminal Cicaheum Roni Hermanto, di Bandung, Senin (11/6/2018), terjadi kenaikan penumpang yang signifikan dalam waktu tiga hari terakhir, namun yang paling menonjol pada Sabtu dan Minggu.

Pada hari Sabtu, lanjutnya, terjadi peningkatan penumpang mencapai 4.684 orang atau naik 87 persen dibanding pada periode yang sama tahun 2017 sebesar 2.506 orang.

Sementara pada Minggu, penumpang yang berangkat dari Terminal Cicaheum mencapai 4.112 orang atau naik 34,5 persen dibanding tahun lalu yang hanya 3.055 orang.

“Mungkin ini disebabkan libur panjang, mereka ingin segera pulang ke kampung halamannya lebih awal,” kata Roni.

Sementara itu, kedatangan penumpang ke Kota Bandung menunjukan angka yang berbeda dengan pemberangkatan. Dalam tiga hari terakhir kedatangan penumpang mengalami penurunan dibanding tahun lalu.

“Jumlah yang tercatat 3.141 penumpang dari Jumat hingga Minggu. Kalau tahun lalu kedatangan penumpang mencapai 4.017 orang diperiode tiga hari yang sama,” katanya.

Menurutnya, apabila pemberangkatan menunjukkan penurunan, maka dipastikan puncak arus mudik di Terminal Cicaheum terjadi pada Sabtu dan Minggu.

Meski begitu, ia juga memprediksi akan kembali terjadi lonjakan penumpang pada Rabu, mengingat sebagian buruh dan pekerja lainnya baru mendapatkan libur pada Selasa. (JS)

KOMENTAR
Tags
Lihat selanjutnya
Close