Lintas Daerah

Selama Ramadhan Hingga Lebaran, Stok Pangan Lampung Aman

LAMPUNG, SENAYANPOST.com – Stok pangan selama Ramadhan dan mendekati Lebaran Idul Fitri 1440 Hijriah di Provinsi Lampung dalam kondisi aman dan cukup.

“Stok pangan dipastikan aman dan cukup sampai menjelang Lebaran. Jadi, masyarakat jangan kuatir, kebutuhan pangan di Lampung sangat memadai,” Kepala Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Lampung, Edi Yanto, di Bandarlampung, Jumat (17/5/2019).

Ia mengatakan, dari pengecekan di lapangan stok dipastikan aman sampai menjelang Lebaran. Selain itu, untuk kebutuhan, seperti bawang merah, bawang putih, cabai, gula, minyak, beras dan lainnya masih aman sampai setelah Lebaran.

Djelaskannya, untuk persediaan bawang merah bulan Mei 235 ton, sedangkan kebutuhannya mencapai 2.766 ton jadi kekurangannya sebanyak 2.561 ton. Kemudian untuk bulan Juni tersedianya hampir sama dengan bulan Mei yaitu 235 ton kebutuhannya 2.654 ton sehingga minus atau kurang 2.409 ton.

“Secara keseluruhan kebutuhan sangat memadai, karena terdapat suplai dari daerah lainnya,” katanya.

Sementara, untuk cabai merah untuk tahun ini tidak terlalu bergejolak seperti tahun kemarin. Bulan Mei ini tersedia 4.251 ton sedangkan untuk kebutuhannya, yaitu 1.569 ton, sehingga masih surplus 2.682 ton. Sedangkan, untuk Juni ketersediaannya 4.180 ton dan kebutuhan 1.510 ton, dan surplus 2.676 ton. (JS)

KOMENTAR
Tags
Show More
Back to top button
Close
Close