Lintas Daerah

Selain Hanya 2 Siswa Baru, SD di Jombang Ini Juga Tanpa Murid dari Kelas II-IV

JOMBANG, SENAYANPOST.com – Suasana belajar mengajar di SD Negeri Sumberaji II, Kecamatan Kabuh, Kabupaten Jombang, Jawa Timur tidak seramai sekolah lainnya.

Seperti dikutip inews, kondisi itu sangat maklum, karena sekolah itu hanya mendapat dua siswa pada tahun ajaran baru ini. Bahkan, tidak ada satu siswa pun di kelas II, III dan IV. Meksi demikian, para guru tetap bersemangat mengajar siswa-siswanya tersebut.

Kepala SD Negeri Sumberaji II, Surati mengatakan, sekolah yang dipimpinnya ini memang merupakan sekolah yang terpencil di Kecamatan Kabuh.

Akibatnya, saat pendaftaran siswa baru dibuka yang datang dan mendaftar hanya dua anak yang tempat tinggalnya tak jauh dari lingkungan sekolah.

“Alhamdulillah, tahun ajaran baru ini dapat dua (siswa). Satu laki-laki dan satu perempuan,” katanya, Rabu (17/7/2019).

Dia menjelaskan, penyebab minimnya jumlah siswa di sekolahnya karena di lingkungan SD Sumberaji II hanya ada satu kampung. Selain itu, siswa dari luar sekolah juga tidak bisa masuk karena lokasinya yang jauh.

“Faktor lainnya, pasangan usia subur di kampung sini sangat sedikit meskipun jumlah kepala keluarganya (KK) banyak. Jadi, anak-anak kecil di sini memang sedikit,” ucapnya.

Surati menyebutkan, minimnya jumlah siswa tidak hanya terjadi di kelas satu, namun hampir seluruh kelas kekurangan siswa.

“Siswa di kelas lainnya juga sangat minim. Kelas IV hanya dua orang dan kelas V ada enam orang. Sedangkan kelas II, III dan VI tidak ada siswanya. Jadi, total hanya ada 12 siswa dari kelas I-VI,” katanya.

Meski jumlah siswa barunya sangat minim, Surati berharap pemerintah tetap memperhatikan kelangsungan kegiatan belajar mengajar di sekolah yang dipimpinnya.

Siswa kelas I, Andrian mengaku senang meski hanya ada satu teman di kelasnya. “Senang (sekolah) di sini. Saya mau jadi guru,” ucapnya.

KOMENTAR
Tag
Show More
Back to top button
Close
Close