Sektor industri ini Bakal Banyak Rekrut Karyawan Saat Pandemi

Sektor industri ini Bakal Banyak Rekrut Karyawan Saat Pandemi
Pengangguran

JAKARTA, SENAYANPOST.com - Jobstreet, perusahaan penyedia informasi lowongan pekerjaan di Asia menyampaikan usahanya dalam membantu para pencari kerja terutama yang terkena dampak pandemi Covid-19.

Adapun menurut data yang dihimpun oleh Jobstreet, hingga akhir tahun nanti ada sejumlah sektor yang mulai melakukan perekrutan karyawan. 

Faridah Lim, Country Manager, Jobstreet Indonesia mengatakan pada bulan Mei 2020, Jobstreet mengadakan sebuah survei terhadap lebih dari 5.000 responden di Indonesia yang terdiri dari karyawan, pencari kerja, dan perekrut.

Hasilnya, pandemi Covid-19 sangat berdampak pada para pekerja, di mana lebih dari 50% responden kehilangan pekerjaan atau pun diberhentikan sementara dari pekerjaan mereka. Adapun 43% dari responden mengalami pengurangan gaji hingga lebih dari 30%. 

"Dari survey ini juga, terlihat bahwa industri yang paling terdampak oleh pandemi adalah perhotelan/catering, pariwisata, pakaian, makanan dan minuman, serta arsitektur dan konstruksi,” jelasnya dalam keterangan resmi, Kamis (8/10). 

Meski demikian, saat ini tetap ada kesempatan bagi mereka yang sedang mencari pekerjaan. Menurut data Jobstreet, hingga akhir tahun ini, perusahaan yang akan mulai merekrut karyawan terutama adalah dari sektor manufaktur dan produksi, perdagangan umum dan grosir, perbankan dan keuangan, ritel, dan teknologi informasi komputer. 

Jenis pekerjaan yang menempati urutan teratas adalah sebagai Sales/ Customer Service, Admin & HR, Accounting, Engineering, IT serta Marketing/PR. Kesemua data ini bisa bermanfaat bagi para pekerja dalam mencari lowongan pekerjaan yang sesuai dengan minat, kemampuan dan pengalaman kerja mereka.

Jobstreet hadir sebagai mitra untuk membantu para pekerja, terutama yang terkena dampak Covid-19 untuk menata kembali bisnis, karier dan hidup mereka. #TogetherAhead adalah inisiatif global Jobstreet yang mencoba memudahkan proses pencarian lowongan kerja baik bagi para pencari kerja mau pun perusahaan pemberi pekerjaan. 

Khusus untuk Indonesia, Jobstreet juga mengenalkan fitur #LangsungKerja bagi para pencari kerja yang sedang tidak memiliki pekerjaan dan siap untuk segera bekerja kapan pun dipanggil.

Cukup dengan mencantumkan #LangsungKerja” di profil, maka pencari kerja tersebut akan lebih mudah ditemukan oleh perusahaan yang membutuhkan. Perusahaan pun terbantu dengan adanya fitur #LangsungKerja ini, yang dapat mempercepat proses rekrutmen.

Sejak diluncurkan, hingga kini fitur #LangsungKerja sudah digunakan lebih dari 43.000 pencari kerja di profil mereka, dan lebih dari 6.000 kandidat sudah menarik perhatian perusahaan yang sedang membuka lowongan kerja.