Sejarah Terbentuknya Blackpink

Sejarah Terbentuknya Blackpink
BLACKPINK

JAKARTA, SENAYANPOST.com - Blackpink masih menorehkan prestasi untuk karya-karya mereka meski terbilang belum lama di dunia musik. Faktanya, sebelum masuk dunia musik, member Blackpink berbeda.

Dikutip dari Kbizoom, kisahnya diawali pada tahun 2011. CEO YG Entertainment mengklaim bahwa perusahaan tersebut akan mendebutkan dua girl group. Satu grup akan sama menawan dan bertalenta seperti SNSD, tapi dengan gaya YG. Grup ini biasanya disebut dengan NGG atau Next Girlgroup.

Grup kedua dianggap sebagai versi upgrade dari 2NE1 dengan getaran yang lebih berani. Grup ini dikenal sebagai F21 atau Future 2NE1. Rencananya, NGG akan debut dan selanjutnya diumumkan debut F21. Namun karena berbagai alasan, debut NGG sempat tertunda hingga tahun 2016, sedangkan belum ada informasi mengenai F21.

NGG sekarang dikenal sebagai Blackpink, girl group beranggotakan empat orang. Di antaranya, Jisoo, Jennie, Rose, dan Lisa. Sementara itu, beragam informasi beredar dari forum Blackpink serta dari artikel surat kabar. Sejumlah orang berasumsi bahwa Blackpink atau NGG saat itu adalah girl group beranggotakan sembilan orang.

Kesembilan anggota itu ialah Jennie (Leader, Rap, Vocal), Eunbi (Rap), Euna (Vocal), Jisoo (Vocal, Visual), Hanna (Vocal), Miyeon (Vocal), Lisa (Dance, Rap, Vocal), Rosé (Vokal), Jinny (Vokal, Maknae). Pada saat 9 trainee tersebut dipilih, YG Entertainment memberi nama girl group itu Pink Punk.

Pink Punk memiliki anggota yang lahir dari tahun 1994-1998, dan mereka direncanakan untuk debut tepat setelah 2NE1 membangun reputasi yang kuat di dunia showbiz Korea. Artinya, waktunya sekitar tahun 2012.

Namun, karena banyak anggota yang mengalami masalah pribadi, debut Pink Punk ditunda. Beberapa informasi tentang masalah ini ialah adanya kesehatan Kim Eunbi yang kurang baik, Jang Hanna menghadapi banyak masalah pribadi dan tidak bisa menjadi seorang idola, Jinny Park dan Euna Kim (Yuna Kim) kekurangan kemampuan dalam pertunjukan karena masa pelatihan yang lebih singkat, dan Miyeon memiliki hubungan kencan dengan trainee pria.

Oleh karena itu, satu per satu dari peserta pelatihan meninggalkan YG atau pindah ke proyek pelatihan lain, misalnya Jinny Park yang pindah ke proyek F21. Alhasil, hanya empat member yang tersisa di proyek NGG / Pink Punk dan akhirnya debut dengan nama Blackpink.