Opini

Segala Serba

Merdeka !!!

DEKAT mengarah ke tempat tinggal saya ada beberapa kompleks perumahan. Untuk memenuhi kebutuhan warga, fasilitas umum komersial juga bertumbuh. Ada fresh market, jual ikan basah, dan sayuran namun juga menyediakan laundry, foto copy dan bakso. Termasuk pijat refleksi.

Di depan pasar, delman dan kuda berbagi jalan dengan pengemudi taksi dan motor on- line. Delman dan kuda termasuk laris untuk anak anak. Sesekali di lapangan yang masih kosong ada komidi putar. Juga jogging track dan lapangan bola. Di pinggirannya penduduk memanfaatkan lahan kosong untuk tanaman semusim. Sayuran, labu, hingga kembang setaman untuk kepentingan melayat.

Jalan ke kompleks luas, bisa dua jalur mobil kiri kanan yang dipisahkan tanaman sawit. Di kiri kanan jalan biasa digunakan gelar tikar piknik, sambil mengamati penjual ikan hias dan penjaja somay di sore hari. Malam minggu berubah fungsi menjadi tempat nongkrong di atas motor bagi para remaja belia. Pacaran sambil mendengar suara jangkrik. Syahdu, romantis dan berbiaya hemat.

Ada juga kolam renang

Saya selalu usahakan rutin di akhir pekan jam 6.30 pagi berenang di kolam berbiaya terjangkau (tidak sampai rp 50.000) yang hanya berjarak 500an meter ini dari rumah. Komunitas pengunjung tetap kolam ini relatif sama. Beberapa seusia atau di atas saya.

Menjelang jam 8 pagi ibu ibu muda dengan anaknya mulai berdatangan. Saya mandi sekitar satu jam beberapa putaran. Terkadang selepas mandi, menyempatkan tarik satu dua lagu diiringi pemain keyboard di pinggir kolam.

Pagi tadi juga saya datang. Tapi ternyata kolam renang ditutup untuk umum. Dipakai untuk hajatan kawinan. Kita mengalah, seraya berdoa untuk kebahagiaan kedua mempelai. Semoga sebentar lagi juga mereka jadi komunitas baru pengunjung kolam renang.

Pulang ke rumah baru saya aware ada umbul umbul menyambut 17 an. Hari ulang tahun kemerdekaan kita. (karena sehari hari pergi dan pulang kerja tidak sempat bertemu matahari, jadi kurang aware bahwa jalanan sudah meriah).

Kami tidak tinggal di kompleks perumahan, kami berbaur dengan penduduk sekitar. Di sini warganya ramah dan bersahaja. Rumah saya di seberang mushola, dekat kebon pisang dan lahan kosong yang dimanfaatkan untuk pelihara kambing. Kami, bersama warga merayakan 17 an dengan gembira. Mensyukuri nikmat kemerdekaan.

Merdeka …!!!

*Sampe L. Purba, Penikmat dan bersyukur atas kemerdekaan bangsa

KOMENTAR
Tags
Show More
Back to top button
Close
Close