Lintas Daerah

Sebelum Asian Games, RPH Palembang Beroperasi

SUMSEL, SENAYANPOST.com – Sebelum Asian Games XVIII pada Agustus mendatang, Rumah Potong Hewan Modern Kota Palembang, Provinsi Sumatera Selatan, dipastikan akan beroperasi. Pekan ini, RPH di Kota Empek-empek itu sudah menuntaskan pekerjaan fisiknya.

“Rumah Potong Hewan (RPH) modern berstandar internasional di kawasan Gandus itu diperkirakan akan beroperasi penuh pada Juni mendatang,” Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Palembang, Sayuti, di Palembang, Jumat (4/5/2018).

Sayuti menjelaskan, Kota Palembang mendapatkan alokasi dana pembangunan RPH karena dinilai sudah sangat mendesak mengingat peran kota sebagai tuan rumah Asian Games XVIII tahun 2018.

Pembangunan RPH menggunakan APBN tahun 2016 Rp13,3 miliar dan tahun 2017 Rp12 miliar.

Menurutnya, saat ini pekerjaan fisik sudah selesai 100 persen. Tinggal lagi pemenuhan persyaratan administrasi supaya sesuai dengan standar internasional.

Rencananya akan ada tim independen yang akan memeriksanya. Salah satu syarat sebelum beroperasional, harus ada hasil audit operasional yang dilakukan eksportir Australia yang ada di Lampung.

Karena sapi-sapi yang bakal di potong di RPH ini mayoritas sapi Australia yang ada di Lampung, maka eksportir tersebut nantinya yang membuat standarisasi, misalnya terkait kesehatan hewan dan sertifikasi halal.

Setelah RPH ini selesai, pihaknya menganjurkan semua pengusaha sapi melakukan pemotongan hewan di RPH Gandus karena sudah ada payung hukumnya, berupa Peraturan Daerah (Perda) Nomor 10 tahun 2014 tentang pembinaan dan retribusi rumah potong hewan.

RPH ini dilengkapi dengan hotel hewan dan ruang pendingin yang semuanya sudah modern dan telah mengantongi sertifikat halal dari MUI. Seusai dipotong, daging-daging tersebut kemudian akan diangkut melalui alat seperti rel, kemudian dikemas secara higienis. (JS)

KOMENTAR
Tags
Lihat selanjutnya
Close