Lintas Daerah

Sebagian Jabar Akan Dingin Hingga September

BANDUNG, SENAYANPOST.com – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Bandung, memprakirakan suhu minimum selama bulan Juli di sebagian Jawa Barat sampai 16,4 derajat Celsius dan akan berlangsung hingga September.

“Selama periode musim kemarau Juni-September suhu udara relatif lebih dingin bila dibandingkan periode musim hujan,” ujar Prakirawan BMKG Klas 1 Bandung Iid Mujtahidin di Bandung, Jumat (6/7/2018).

Angin pasat dari Australia menjadi alasan atas suhu dingin yang terjadi di wilayah Jabar.

“Angin pasat tenggara atau timur yang bertiup dari Benua Australia membawa massa angin dingin hingga ke wilayah Jawa Barat,” terangnya.

Tidak hanya itu, ada pula Badai Maria yang terjadi di sebelah timur laut Filipina membawa massa dingin dari Australia, dan dengan kecepatan 36 hingga 45 kilometer per jam memasuki wilayah Jabar.

Badai itu, Iid melanjutkan, juga turut memengaruhi tinggi gelombang maksimum di pantai selatan Jawa Barat, membuat tinggi gelombang bisa mencapai empat meter pada Jumat hingga Sabtu.

“Kami imbau juga kepada nelayan untuk tidak melaut terlebih dahulu, masyarakat yang masih menikmati liburan di sekitar pesisir pantai untuk berhati-hati terutama di perairan sebelah selatan Jawa Barat,” kata dia. (JS)

KOMENTAR
Tags
Lihat selanjutnya
Close