Nasional

Sebabkan Banjir Bandang, Pembalakan Liar Gunung Halimun Salak Bakal Diusut

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Penambangan dan pembalakan liar di Kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS) akan diusut Polri.

Hal ini dikatakan Kepala Badan Reserse dan Kriminal (Bareskrim) Polri Komisaris Jenderal Listyo Sigit Prabowo saat meninjau lokasi banjir bandang dan longsor ke posko di Sajira Kabupaten Lebak, Banten.

“Di sana nanti akan didalami, apakah karena masalah adanya hutan yang tipis, atau kondisi tanahnya yang labil, dan di situ juga pernah ada tambang-tambang. Nanti semuanya akan kami cek,” kata Listyo di Posko Gedung PGRI Sajira, Kabupaten Lebak, Banten, Senin (6/1/2020).

Gundulnya Gunung Halimun diduga menjadi penyebab terjadinya bencana banjir bandang dan longsor di Kabupaten Lebak. Akibat peristiwa tersebut ribuan rumah rusak, sejumlah jembatan putus dan sembilan orang meninggal dunia.

Ia mengatakan, proses penyelidikan dan penyidikan di dalam kawasan hutan konservasi itu akan dilakukan setelah masa tanggap darurat bencana selesai dan kondisi korban banjir mulai membaik.

KOMENTAR
Tag
Show More
Back to top button
Close
Close