Politik

SBY Singgung Penanganan Corona di Tanah Air

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) memberikan pandangannya soal wabah virus corona di Indonesia. Dalam tulisan panjangnya di Facebook, SBY sempat menyoroti soal ketegangan antara pejabat di Indonesia dan elemen masyarakat di tengah wabah corona.

SBY menyesalkan bahwa ketegangan itu juga berujung ancaman mengambil langkah hukum atas pihak yang melontarkan kritik kepada sang pejabat negara dan pemerintah.

“Saya perhatikan beberapa hari terakhir ini justru ada situasi yang tak sepatutnya terjadi. Apa itu? Kembali terjadi ketegangan antara elemen masyarakat dengan para pejabat pemerintah, bahkan disertai dengan ancaman untuk “mempolisikan” warga kita yang salah bicara,” kata SBY melalui akun Facebooknya, Rabu (8/4/2020).

“Khususnya yang dianggap melakukan penghinaan kepada Presiden dan para pejabat negara,” tambahnya.

Mantan Ketua Umum Partai Demokrat ini berharap agar persoalan itu bisa diselesaikan dengan bijak. Sebab, sudah seharusnya semua elemen bersatu karena tengah menghadapi wabah corona.

Selain itu, SBY mengingatkan, jika masalah ini berkepanjangan, maka sang pejabat lah yang akan ditimpa rasa malu di depan rakyat.

“Mumpung ketegangan ini belum meningkat, dengan segala kerendahan hati saya bermohon agar masalah tersebut dapat ditangani dengan tepat dan bijak. Kalau hal ini makin menjadi-jadi, sedih dan malu kita kepada rakyat kita,” ujarnya.

“Rakyat sedang dilanda ketakutan dan juga mengalami kesulitan hidup karena terjadinya wabah korona ini. Juga malu kepada dunia, karena saya amati hal begini tidak terjadi di negara lain,” lanjutnya.

SBY yakin persatuan adalah kunci menghadapi wabah virus corona. Dengan bersatu, SBY yakin Indonesia akan melewati wabah ini termasuk dampak ekonomi yang telah muncul karena wabah corona.

Ia juga mengingatkan beberapa hal yang harusnya menjadi perhatian pemerintah saat ini.

“Prioritas kita adalah menyelamatkan saudara kita yang sudah terjangkit vorona (to save their life), serta membatasi dan menghentikan penyebaran virus corona (to contain and to stop the spread of COVID-19). Kalau sasaran ini dapat dicapai, kita bisa menyelamatkan lebih banyak lagi jiwa rakyat Indonesia,” ujarnya.

“Kalau virus corona bisa kita lumpuhkan, kehidupan masyarakat akan kembali normal. Ekonomi Indonesia juga akan tumbuh dan berkembang lagi,” pungkasnya.

KOMENTAR
Tag
Show More
Back to top button
Close
Close