Lintas Daerah

Sawah di Garut Diserang Tikus, Pemerintah Diminta Bertindak Cepat

GARUT, SENAYANPOST.com – Areal persawahan Desa Sukasenang, Kecamatan Banyuresmi, Kabupaten Garut, Jawa Barat, sejak sebulan lalu diserang hama tikus dan wereng.

Sejauh ini belum ada tindakan dari pemerintah daerah untuk menanggulangi serangan hama tikus dan wereng ini.

“Sekarang ini banyak tikus dan hama wereng yang menyerang beberapa areal sawah di desa kami,” kata Kepala Desa Sukasenang Iwan Ridwan kepada wartawan di Garut, Sabtu (25/8/2018).

Areal persawahan Desa Sukasenang selain dilanda kekeringan akibat musim kemarau, juga diserang hama tikus yang menyebabkan padi yang akan berbulir rusak.

“Ada 3 sampai 5 hektare sawah tersebar di berbagai kampung akibat serangan hama tersebut,” kata Iwan.

Dampak serangan hama tersebut akan menurunkan produktivitas padi, akibatnya petani mengalami kerugian atau tidak seimbangnya biaya tanam dengan hasil panen nanti.

Upaya petani memberantas hama tersebut, sudah dilakukan dengan berbagai cara, termasuk memberi obat antihama, tetapi hasilnya tidak memuaskan.

“Kami mengharapkan pemerintah segera bertindak cepat sehingga permasalahan petani di sini dapat teratasi,” ujar Iwan.

Ia mengemukakan, selama ini ada penyuluhan oleh petugas dari Dinas Pertanian Kabupaten Garut, namun penyuluhan itu seringkali tidak tepat waktu.

Menurut dia, seharusnya penyuluhan dapat dilakukan ketika mau memasuki musim kemarau atau cara mengantisipasi serangan hama agar tidak merusak tanaman. (JS)

KOMENTAR
Tags
Lihat selanjutnya
Close