Satgas Anticovid-19 KYP Berhasil Sembuhkan Prajurit TNI dan Warga Positif Corona

Satgas Anticovid-19 KYP Berhasil Sembuhkan Prajurit TNI dan Warga Positif Corona

JAKARTA, SENAYANPOST.com—Aksi pengobatan gratis Satgas Anticovid-19 Korps Yudha Putra (KYP) Pemuda Panca Marga (PPM) di sejumlah titik zona merah di Jakarta Timur membuahkan hasil menggembirakan. Hasil swab menyatakan, seorang anggota TNI dan sejumlah warga positif corona yang masuk dalam program pengobatan satgas dinyatakan negatif.

“Setelah kegiatan pengobatan gratis warga positif Corona awal Juni lalu, kami terus mengikuti perkembangannya. Alhamdulillah, berkat pertolongan Allah SWT, Tuhan YME, dengan perantaraan obat tradisional asap cair tempurung kelapa, hasil swab terhadap seorang anggota TNI dari Kodim Jakarta Timur dan beberapa warga positif Covid-19 yang masuk dalam program pengobatan satgas dinyatakan sudah negatif atau sembuh,” ujar Komandan Satgas Anticovid-19 Korps Yudha Putra Zulfikar Fuad di Jakarta, Rabu (17/6/2020).

Zulfikar Fuad mengatakan, menyusul kabar baik kesembuhan anggota TNI dan warga positif Covid-19 dan meningkatnya jumlah korban positif di sejumlah titik zona merah Jakarta Timur sepekan terakhir, pihaknya mendapat permintaan dari sejumlah Ketua RT/RW untuk kembali mengadakan kegiatan pengobatan gratis, khususnya untuk warga yang baru dinyatakan positif.

Satgas Anticovid-19 Korps Yudha Putra bersama Dandim 0505 Jakarta Timur Kolonel Inf Mohammad Mahfud As’at dan Kasdim Letnan Kolonel Arh Jimmy Hutapea di Posko PSBB dan Penegakan Disiplin Protokol Kesehatan, Jakarta Timur.

“Iya benar. Beberapa Ketua RT/RW di zona merah Jakarta Timur yang mendampingi kami dalam giat pengobatan gratis tempo hari melaporkan bahwa ada sejumlah warga yang baru saja dinyatakan positif Covid-19 dan mereka minta kita kembali blusukan mengobati warga dari rumah ke rumah. Sayangnya stok asap cairnya habis. Jadi nunggu produksi lagi,” jelas Zulfikar Fuad.

Sebelumnya diberitakan, dalam rangka menekan jumlah korban pandemi Covid-19, Satgas Anticovid-19 Korps Yudha Putra Pemuda Panca Marga terjun ke masyarakat menggelar pengobatan gratis warga berstatus positif Corona di sejumlah titik zona merah di Jakarta Timur. Didampingi Kepala Lingkungan, Ketua RT/RW dan anggota TNI dari Kodim 0505 Jakarta Timur, Satgas Anticovid-19 Korps Yudha Putra blusukan dari gang ke gang mengobati warga positif Covid-19.

Komandan Satgas Anticovid-19 Korps Yudha Putra Zulfikar Fuad di Jakarta, Senin (8/6/2020) mengatakan, sebagai komponen cadangan strategis pertahanan negara dan komponen pemelihara keamanan dan ketertiban masyarakat, Pemuda Panca Marga (PPM)/Korps Yudha Putra (KYP) wajib membantu pemerintah, terutama TNI/Polri, dalam hal melindungi masyarakat dan menjaga keutuhan NKRI dari ancaman non militer; wabah penyakit Covid-19. Salahsatunya dalam bentuk pencegahan dan pengobatan gratis dari infeksi Covid-19.

Satgas Anticovid-19 Korps Yudha Putra blusukan dari gang ke gang didampingi anggota Kodim 0505 Jakarta Timur dan Ketua RT-RW.

Disebutkan Zulfikar Fuad, bahwa kegiatan pengobatan gratis warga positif Covid-19 yang diselenggarakan pihaknya menggunakan media asap cair tempurung kelapa Superfit, yakni obat tradisional antivirus warisan nenek moyang bangsa Indonesia yang terbukti efektifitasnya mencegah dan mengobati banyak orang dari infeksi virus Corona.

“Oleh karena kami tidak memungkinkan mengakses pasien PDP di rumah sakit, pengobatan kami fokuskan pada warga positif Covid-19 yang menjalankan karantina mandiri di rumah masing-masing. Tahap pertama kegiatan pegobatan gratis warga berstatus positif Covid-19 sudah terlaksana pekan lalu selama lima hari di sejumlah titik zona merah di Jakarta Timur; Duren Sawit, Jatinegara dan Pasar Rebo-Ciracas. Tentunya dengan tetap menaati protokol kesehatan,” ujar Zulfikar Fuad.

Komandan Satgas Anticovid-19 Korps Yudha Putra Zulfikar Fuad diminta menyampaikan arahan kepada anggota Koramil Pasar Rebo – Ciracas dan anggota Batalyon Kavaleri 7-Sersus Kodam Jaya tentang pencegahan dan penanganan Covid-19 dengan dukungan obat tradisional Superfit yang dibagikan gratis kepada 50 anggota TNI yang bertugas di garda terdepan penanganan Covid-19.

Zulfikar Fuad menjelaskan, sebelum diberikan obat tradisional Superfit, warga positif Covid-19 dibekali bimbingan mental dan spiritual sesuai agama dan kepercayaan masing-masing oleh anggota Satgas Anticovid-19 Korps Yudha Putra, sebagai motivasi agar selalu mengingat Sang Pencipta yang memberi sakit sekaligus memberi kesembuhan, agar semangat untuk sembuh menjadi tumbuh dan menguat.

“Hasilnya alhamdulillah langsung terasa dalam satu jam. Warga berstatus positif Covid-19 yang kami bekali bimbingan mental dan spiritual, lalu kami berikan asap cair Superfit, suhu badannya menurun dan raut wajahnya lebih cerah. Menandakan ada kemajuan baik fisik maupun mental. Meski demikian, secara medis dinyatakan sembuh dari Covid-19 berdasarkan hasil swab dari dokter Puskesmas dan dokter rumah sakit yang menangani pengobatan medis warga tsb. Kami masih menunggu hasil swab,” jelas Zulfikar Fuad.

Personil Satgas Anticovid-19 Korps Yudha Putra.

Zulfikar Fuad menambahkan, kegiatan pengobatan tradisional yang dilaksanakan pihaknya, tidak bermaksud menggantikan pengobatan medis. Jika sebelumnya pasien positif Covid-19 sudah dan masih dalam perawatan medis dengan obat-obatan dari dokter, pihaknya membantu mempercepat kesembuhan dengan tambahan obat tradisional Superfit. Sebaliknya, jika belum diobati secara medis, pasien yang mengonsumsi Superfit tetap dianjurkan memeriksa perkembangan kesehatannya di Puskesmas dan rumah sakit terdekat.

Selain menggelar pengobatan untuk warga positif Covid-19, jelas Zulfikar Fuad, Satgas Anticovid-19 Korps Yudha Putra juga memberikan pembekalan mental dan spiritual serta donasi obat tradisional Superfit untuk jajaran TNI di garda terdepan penanganan Covid-19, antara lain kepada anggota Koramil Duren Sawit dan Koramil Pasar Rebo-Ciracas, serta anggota Batalyon Kavaleri 7/Sersus Kodam Jaya yang ditugaskan menegakkan disiplin protokol kesehatan Covid-19.

Ketua Umum Pemuda Panca Marga/Komandan Korps Yudha Putra Berto Izaak Doko bersama KSAD Jenderal TNI Andika Perkasa, PhD

“Kami juga mengunjungi keluarga dari anggota Kodim 0505 Jakarta Timur yang dinyatakan positif terpapar Covid-19. Kepada istri dan anak-anaknya selain kami bekali motivasi mental dan spiritual, juga kami berikan obat tradisional Superfit untuk pencegahan agar tidak ikut terpapar, dan kepada prajurit yang positif Covid-19 dan dirawat di rumah sakit kami berikan Superfit melalui Danramil Duren Sawit Kapt Asnawi untuk mempercepat kesembuhannya,” tutur Zulfikar Fuad.

Ketua Umum Pimpinan Pusat Pemuda Panca Marga/Komandan Korps Yudha Putra Berto Izaak Doko mengatakan, kegiatan pencegahan dan pengobatan gratis yang digelar Satgas Anticovid-19 Korps Yudha Putra merupakan wujud upaya PPM/KYP sebagai Keluarga Besar TNI dalam membantu pemerintah, TNI/Polri dan masyarakat untuk percepatan penanganan Covid-19.

Kepala Staf TNI Angkatan Darat Jenderal TNI Andika Perkasa, PhD bersama Komandan Satgas Anticovid-19 Korps Yudha Putra Zulfikar Fuad.

“Giat pengobatan gratis yang digelar Satgas Anticovid-19 Korps Yudha Putra adalah salah satu wujud implementasi dari Jiwa Semangat Nilai Juang 45, seperti yang diamanatkan Ayahanda kita Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI). Sebagai anak kandung veteran pejuang Republik Indonesia, PPM/KYP wajib membantu pemerintah, TNI/Polri dan masyarakat dalam upaya mempercepat penanggulangan Covid-19,” imbuh Berto Izaak Doko.

Dengan suksesnya kegiatan pengobatan gratis warga positif Covid-19 di Jakarta Timur, Komandan Satgas Anticovid-19 Korps Yudha Putra Zulfikar Fuad mengucapkan terima kasih atas dukungan dan kerjasama banyak pihak, antara lain; Dandim 0505 Jakarta Timur Kolonel Inf Mohammad Mahfud As’at, Kasdim Letnan Kolonel Arh Jimmy Hutapea, Danramil Pasar Rebo-Ciracas Mayor Kav Lucky Dibyanto, Danramil Duren Sawit Kapt Arm Asnawi, Wadanramil Jatinegara Kapt Sianturi, Lurah Pondok Kelapa Siska Leonita, Lurah Kalisari Suwindarto, anggota Bhabinkamtibmas, Kepala Lingkungan dan Ketua RT/RW yang terlibat aktif.