FeaturesNasionalSastraTokoh

Sastrawan Afrizal Malna Tolak Achmad Bakrie Award

JAKARTA (SenayanPost.Com) – Sastrawan Afrizal Malna Tolak Achmad Bakrie Award (ABA) Bidang Kesusastraan yang diberikan dalam upacara pemberian penghargaan, di Djakarta Theatre, Jakarta, Sabtu (20/8/2016) malam. Penolakan Afrizal diungkap sendiri oleh Penasehat Komite ABA Rizal Mallarangeng di lokasi acara.

“Alasan detailnya kami tidak tahu. Kalau dia menolak ya silahkan. Tetapi tidak menggugurkan penghargaan yang diberikan terhadapnya. Kami tetap memberikan penghargaan itu untuknya,” kata Rizal.

“Penolakan seperti itu adalah dinamika dalam ajang pemberian penghargaan. Penolakan seperti itu hal biasa dan tidak perlu diperdebatkan. Dalam pemberian hadiah nobel dunia juga selalu ada kontroversi. Penghargaan seperti ini pun pasti tidak luput dari hal seperti itu.”

Dia menegaskan yang terpenting adalah Yayasan Achmad Bakrie memberikan secara tulus penghargaan tersebut. Ketokohan Afrizal dalam bidang sastra tidak bisa dibantah. Berbagai karyanya telah memberikan pengaruh terhadap perjalanan sastra di bangsa ini.

“Yang kami hargai karyanya. Kita semua sudah tahu pemikiran dan karyanya. Apa dia setuju atau tidak penghargaan, itu soal pribadi. Tetapi penghargaan atas karyanya tetap kami berikan,” tutur Rizal.

“Afrizal diberikan penghargaan karena keberaniannya membangun arsitektur puisi dengan atau tanpa manusia di di dalamnya. Dia juga gigih melakukan penjelajahan puisi Indonesia modern ke dalam kehidupan urban yang penuh kekerasan, kegilaan sekaligus kesunyian. Kemudian melahirkan karya dengan tata bahasa visual dari sesuatu yang diungkapkan melalui daya penalaran anak-anak sehingga terbebas dari politik pemaknaan orang dewasa.”

Sudah ada preseden penolakan pada ajang-ajang ABA sebelumnya, yaitu Franz Magnis Suseno (Pemikiran Sosial, 2007), Daoed Joesoef dan Sitor Situmorang (Pemikiran Sosial dan kesusastraan, 2010). Ada pula Seno Gumira Adjidarma (Kesusastraan, 2012) dan Goenawan Mohamad (Kesusastraan, 2010).

KOMENTAR
Tags
Lihat selanjutnya
Close