Politik

Sandi Larang Deklarasi #2019GantiPresiden di Area CFD

JAKARTA, SENAYAPOST.com – Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno melarang aksi #2019GantiPresiden yang berencana menggelar deklarasi di Patung Arjuna Wiwaha, Jakarta yang termasuk kawasan car free day (CFD) besok, Minggu (6/5/2018).

Pihaknya juga akan melarang gerakan politik lainnya dilakukan di CFD karena bertentangan dengan Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 12 Tahun 2016 tentang Hari Bebas Kendaraan Bermotor.

“Bukan hanya yang #2019GantiPresiden, tapi ke semuanya bahwa pergub kami akan tegakkan,” kata Sandi di Jakarta, Jumat (4/5).

Dia menyampaikan sudah menginstruksikan Satpol PP dan Dinas Perhubungan untuk memastikan tak ada kegiatan politik di CFD.

Sandi juga akan berkoordinasi dengan kepolisian untuk menegakkan pergub tersebut. “Ikuti saja apa yang sesuai dengan pergub dan kita koordinasi dengan polisi,” katanya.

Dalam sebuah postingan di media sosial, relawan gerakan #2019GantiPresiden akan mendeklarasikan diri di Patung Arjuna Wiwaha, Jakarta Pusat, Minggu (6/5).

Meski Pemprov DKI Jakarta telah melarang kegiatan politik di CFD, penyelenggara acara tersebut bersikukuh menjalankan acara ini.

“Yang punya kekuasaan juga tidak perlu menghentikan kita,” kata salah satu penyelnggara Neno Warisman, Kamis (3/5).

Dia juga meminta aparat keamanan tidak berlebihan jika ingin mengawal acara deklarasi. Begitu pula masyarakat yang memiliki pandangan dan sikap politik berbeda. Dia berharap tidak ada pihak yang merasa tersinggung dengan agenda deklarasi di Patung Kuda nanti.

“Aparat enggak usah tegang. Santai saja. Yang beda pandangan, saya mohon santai, tetap harmonis. Jangan melihat kami sebagai ancaman,” kata Neno.

Penggagas Deklarasi Akbar Relawan Nasional #2019GantiPresiden, Mardani Ali Sera mengatakan acara yang akan diselenggarakan Minggu (6/5) tidak berada di area car free day.

“Bukan (di) CFD,” kata Mardani saat dihubungi pesan singka, Jumat (4/5).

Politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu mengatakan deklarasi akan digelar di sekitar area Patung Kuda arah Jalan Medan Merdeka Barat. Dia juga menegaskan kawasan tersebut bukan termasuk area bebas kendaraan pada Minggu pagi.

Selain deklarasi #2019GantiPresiden, acara tersebut akan diisi dengan pembacaan puisi dan pentas rakyat. Namun dia belum bisa memberikan konfirmasi siapa saja tokoh yang akan hadir karena belum dipastikan panitia.

Mardani yakin acara deklarasi tersebut akan berjalan dengan aman dan damai seperti Gerakan 212.

“Insya Allah terinspirasi Gerakan 212, rumput pun akan kita jaga,” ucapnya.

Mardani menjelaskan pihak panitia sudah memberikan perizinan kepada pihak kepolisian. Pihak Polda Metro Jaya saat ini masih mengkaji izin dan berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. (WW)

KOMENTAR
Tags
Lihat selanjutnya
Close