Sampaikan Perpisahan, Ganjar Pranowo ke Bupati dan Wali Kota: Jangan Sungkan Ngundang Ngopi

Sampaikan Perpisahan, Ganjar Pranowo ke Bupati dan Wali Kota: Jangan Sungkan Ngundang Ngopi
Ganjar Pranowo

JAKARTA, SENAYANPOST.com - Gubernur Ganjar Pranowo melantik Wali Kota dan Bupati Jawa Tengah, pada, Jumat (26/2/2021). Salah seorang yang dilantik ialah Gibran Rakabuming Raka, anak Presiden Jokowi sebagai Wali Kota Solo. Lima hari sebelum pelantikan tersebut, Ganjar membagikan unggahan video di kanal Twitter dan Instagram pribadinya.

Video itu ditujukan kepada bupati dan wali kota yang purbna tugas. Ganjar menuliskan, “Maturnuwun bapak ibu dan teman-teman Bupati/Walikota yang telah purna tugas. Kerja Panjenengan jos, Insyaallah bermanfaat untuk kehidupan masyarakat. Terus tuangkan ide dan sumbangsih bagi sesama, jangan sungkan berkirim pesan, diskusi, atau ngundang ngopi. Tetap sehat nggih.”

Postingan tersebut banyak warga yang memberi dukungan kepada Ganjar Pranowo dalam bertugas ke depannya. Namun, tidak sedikit pula warga Jawa Tengah yang memberikan menyempatkan menyampaikan keluhan di kolom komentar terkait masalah lingkungan dan administrasi.

“Harapan saya Bapak Gubernur untuk memperhatikan jalan provinsi yang seperti…(foto pemberitaan majalah Tempo, mengenai jalan berlubang penghubung Brebes dan Tegal),” tulis @BramantyaDikka sembari menunjukkan foto tersebut. Dari foto jalan provinsi yang berlubang antara Brebes dan Tegal, memiliki diameter sekitar 8 meter dan panjang 8 meter ambles akibat gorong-gorong yang tidak mampu menampung debit air dari Kaliwadas.

@AlfredAlfaghini menuliskan komentar terkait permasalahan lingkungan. “Assalamualaikum selamat sore pa Ganjar, mohon maaf mengganggu, ada tetangga saya pa yang rumahnya hampir tergerus air sungai ketika debit air sungai naik pa dan jalan di pinggir rumah tersebut sudah longsor, keadaannya udah mengkhawatirkan pa, takutnya debit air naik kembali.” Ia juga menunjukkan foto-foto kejadian dan menunjukkan lokasi yang berada di Kecamatan Karangpucung, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah.

“Bapake, saya punya ide…Tlogosari Semarang sudah 3 hari banjir, sungai penuh, gimana kalau pompa di rumah pompa Tlogosari yang letaknya di ujung sungai dinyalakan saja.” Tulis pemilik akun @sepurnomo11 ketika menyarankan Ganjar untuk mengatasi banjir di Semarang beberapa waktu lalu.

“Pak maaf lancang, di tempat q tinggal Kabupaten Blora Kecamatan Todanan. Kelurahan Pelesengir balai desanya kosong. Sudah 3 x kesana mau ngurus surat gak ketemu setapnya tolong direspon pak terimakasih.”Tulis pemilik akun @NanasMadu13.

@Musyaro29097907 juga menuliskan komentarnya, “Assalamualaikum pak ,,saya mau nanya apakah bantuan bansos covid atau pkh harus punya rumah duu apa gimana pak terima kasih.”

Tidak hanya keluhan terhadap hal tersebut saja, namun ada komentar yang menyatakan ketidakkecocokan antara Ganjar dan Ridwan Kamil (Gubernur Jawa Barat). “Saya rasa pak Ganjar tidak cocok pasangan dengan Pak Ridwan Kamil di Pilpres. Satu suka MU, satu suka Liverpool. Masa iya Presiden dan Wapres ga teguran gara-gara bola. Hehe,” tulis pemilik akun @febby_dwiantara.

Video yang diposting Ganjar melalui akun media sosialnya merupakan bentuk rasa terimakasih Ganjar kepada Wali Kota/Bupati Jawa Tengah beserta jajarannya setelah mengembam tugas menjadi seorang kepala daerah.

Kini, Jawa Tengah sudah memiliki kepala daerah baru yang dilantik Gubernur Ganjar Pranowo pada 26 Februari 2021. Daerah di Jateng yang sudah memiliki kepala daerah baru yaitu Surakarta, Semarang, Magelang, Pekalongan, Rembang, Kebumen, Purbalingga, Boyolali, Blora, Kendal, Sukoharjo, Kab. Semarang, Wonosobo, Wonogiri, Klaten, Pemalang dan Purwerejo.