Ekonomi

Salurkan Pembiayaan, LPDB Kembangkan Chaneling dengan Perbankan

MALANG, SENAYANPOST.com – Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (LPDB-KUMKM) mengembangkan chanelling dengan Bank Jatim untuk memenuhi pembiayaan di Jawa Timur (Jatim).

“Dengan adanya chaneling ini berarti mempertemukan tiga lembaga sekaligus dalam penguatan UKM,” kata Direktur Utama LPDB-KUMKM Braman Setyo, saat menjadi pembicara dalam Lokakarya UMK berjudul ‘Tantangan UMK di Era Milenial’ di Univeritas Merdeka (Unmer) Malang, Jatim, Rabu (25/4/2018).

Ketiga lembaga itu, tambahnya, adalah pelaku UKM dalam hal ini Kinerja Hijau yang merupakan binaan perusahaan PT Sampoerna. Posisi Sampoerna ini juga bisa sebagai pendamping dalam pengelolaan dana dan bisnisnya.

Dua lembaga lainnya, adalah Bank Jatim sebagai pihak yang menyerahkan dan mengelola dana pembiayaan. Serta LPDB-KUMKM sebagai pihak penyalur dana pembiayaan.

Chaneling ini, lanjut Braman Setyo, menjadi yang pertama di Indonedia. Ini bisa dilakukan di tiga kabupaten di wilayah Jatim, yaitu Kabupaten Malang, Pasuruan dan Mojokerto.

Nantinya Bank Jatim yang akan melakukan inisiasi untuk selanjutnya memferifikasi calon penerima pembiayaan. Jika Bank Jatim menilai salah satu UKM layak untuk menerima pembiayaan, selanjutnya Bank Jatim menyampaikannnya ke LPDB-KUMKM.

“Ini akan menjadi langkah yang baik dan maju dalam pembiayaan. Karena ada pihak swasta sebagai pendamping, perbankan sebagai penyalur dan kami dari LPDB-KUMKM,” kata Braman Setyo. (JS)

KOMENTAR
Tags
Lihat selanjutnya
Close