Saling Kejar Kapitalisasi Pasar USD1 Triliun, Apple Terdepan

Saling Kejar Kapitalisasi Pasar USD1 Triliun, Apple Terdepan

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Perusahaan teknologi raksasa saling kejar menembus kapitalisasi pasar pada angka USD1 triliun. Namun, sejauh ini Apple menjadi satu-satunya yang makin mendekati capaian tersebut.

Di laporan keuangannya sepanjang Kuartal III 2018 menunjukkan perusahaan asal Cupertino, California, Amerika Serikat ini sudah memiliki market cap sebesar USD954 miliar.

Hal tersebut disebabkan nilai sahamnya yang meningkat 3,7 persen menjadi USD197,34 per lembar. Angka tersebut merupakan rekor tertinggi bagi perusahaan yang didirikan oleh Steve Jobs dan Steve Wozniak itu.

Meski begitu, untuk menjadi perusahaan publik asal AS pertama yang mencapai market cap USD1 triliun, nilai saham Apple harus mencapai USD206,49 per lembar. Jika melihat tren positifnya sebulan terakhir, pada awal Juli lalu harga sahamnya berada di level USD187,18, bukan tidak mungkin target tersebut bisa dicapainya dalam waktu dekat.

Di belakang Apple, ada Amazon yang sukses mencatatkan nilai perusahaan sebesar USD880 miliar. Kemudian, ada Alphabet, induk perusahaan Google yang terpaut tipis dengan e-commerce besutan Jeff Bezos tersebut, dengan kapitalisasi pasar sebesar USD875 miliar, sebagaimana dikutip dari CNBC, Rabu (1/8/2018).

Meramaikan persaingan, ada Microsoft yang kini nilainya setara dengan USD802 miliar. Sebagai catatan, torehan ketiga perusahaan tersebut diumumkan pada akhir Juli lalu kala mereka menerbitkan laporan keuangannya masing-masing sepanjang April hingga Juni 2018.

Pada kurun waktu yang sama, kapitalisasi pasar dari Apple masih berada di angka USD941 miliar. Jadi, tidak menutup kemungkinan valuasi dari Amazon, Alphabet, dan Microsoft juga merangkak naik saat ini.

Menarik untuk ditunggu siapa yang akan menang dalam perlombaan di kalangan raksasa teknologi dunia ini untuk menembus valuasi USD1 triliun. (MU)