Terorisme

Sakit Paru Akut, Seorang Napi Teroris di LP Nusakambangan Meninggal

CILACAP, SENAYANPOST.com – Muhammad Basri alias Abu Saif. seorang narapidana terorisme yang mendekam di LP Klas IIA Pasir Putih, Nusakambangan Cilacap, Jawa Tengah, dilaporkan meninggal dunia. akibat sakit paru-paru yang dideritanya

Abu Saif dikabarkan meninggal karena sakit pada Sabtu, 7 Juli 2018. Napi teroris asal Makassar itu mengembuskan napas terakhir usai dilarikan ke RSUD Cilacap sekitar pukul 22.00 WIB.

“Iya benar. Meninggalnya napi tersebut di rumah sakit Cilacap pukul sepuluh malam kemarin,” kata Kepala Lapas Klas IIA Pasir Putih Nusakambangan, Muhammad Susani, Minggu (8/7/2018).

Jenazah Abu Saif kini masih tersimpan di kamar mayat RSUD Cilacap. Pihaknya mengaku pemulangan jenazah Abu Saif masih menunggu proses administrasi di rumah sakit tuntas.

“Sudah ada keluarga yang datang untuk menjemput jenazah, masih proses pemulangan,” katanya.

Susani menjelaskan almarhum menderita sakit paru-paru akut sejak lama, namun ia meninggal akibat gagal jantung. Sebelumnya, Ab Saif juga sempat mendapatkan perawatan dokter selama tiga hari sebelum akhirnya meninggal.

Abu Saif merupakan teroris yang sejak lama dikenal berafiliasi dengan Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS). Ia didakwa sebagai aktor percobaan pembunuhan terhadap mantan Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo pada bulan November 2012 lalu. Selain itu, pria yang pernah menjabat sebagai Ketua Mujahidin Indonesia Timur itu juga didakwa telah memberangkatkan anak dan keponakannya ke Suriah.

Dia lalu divonis 8 tahun penjara oleh hakim PN Jakarta Barat pada 2016 lalu dan menghuni lapas teroris berkeamanan maksimum atau high risk Nusakambangan.

KOMENTAR
Tags
Lihat selanjutnya
Close