Internasional

Saham Tambang dan Bank Jeblok, Bursa Eropa Turun Terendah Dalam Tiga Minggu

 

Rabu, 4 Mei 2016 | 06:32 WIB

LONDON, MILAN, KOMPAS.com – Saham Eropa turun terendah dalam tiga minggu perdagangan pada Selasa (3/5/2016) waktu setempat atau pada Rabu (4/5/2016) dini hari (WIB).

Jebloknya saham Commerzbank mendorong penurunan indeks secara keseluruhan setelah bank ini mengalami penurunan laba, sementara saham pertambangan juga turun seiring anjloknya harga metal.

Saham bank Jerman Commerzbank turun tajam 9,6 persen setelah mencatatkan penurunan laba hingga 52 persen di kuartal I 2016, akibat volatilitas pasar modal dan rendahnya suku bunga.

“Angka yang keluar pada kuartal I tidak bagus… Bagaimanapun juga, faktir eksternal juga menghantam bank lain dan menjadi alasan penurunan tersebut,” kata analis Ingo Fromenn dari Landesbank Baden-Wuerttemberg, melalui catatan.

Pada pedagang mengatakan laporan media mengenai Commerzbank yang melakukan skema memperkecil pajak yang terutang dengan cara melanggar ketentuan perpajakan (ilegal) atau tax evasion, juga mendorong penurunan saham bank ini.

Sementara itu pihak bank menyanggahnya dan mengatakan semua sistem dibuat agar patuh pada perundangan Jerman.

HSBC, bank teresar di Eropa, mencatatkan pertumbuhan laba diatas estimasi analis, walaupun tetap turun dibanding tahun lalu. Paparan positif ini tidak membantu menaikkan sahamnya dan berakhir dengan penurunan 1,6 persen.

Indeks perbankan Eropa STOXX secara keseluruhan turun 3,7 persen dan indeks sumber daya dasar turun 6,4 persen. Harga utama di industri metal turun setelah rilis survei pada Selasa menunjukkan aktivitas produksi pabrik di China turun dalam 14 bulan berturut-turut hingga April.

“Saya akan berhati-hati pada sektor pertambangan sebab jika pertumbuhan global mengecewakan, maka harga komoditas juga mengecewakan,” kata Gerhard Schwarz, head of equity strategy di Baader Bank di Munich.

“Dollar melunak dan ada beberapa kekhawatiran bahwa mata uang bukan lagi pemberat perusahaan. Hasil pada musim ini tidak buruk semua sejauh ini, tapi saya meragukan outlook kinerja akan meningkat seperti yang diharapkan. Dampak dari kekuatan harga juga tetap lemah,” papar dia.

Perusahaan pembuat chip Jerman Infineon juga turun 4,7 persen setelah menurunkan target pendapatan dan laba di akhir tahun, akibat pergerakan mata uang.

Menurut data StarMine, 44 persen perusahaan Eropa sudah mencatatkan kienrjanya di kuartal I, dimana 61 persen diantaranya sesuai atau di atas ekspektasi pasar. Tapi, estimasi kinerja kuartal I turun 18 persen dibanding periode sama di 2015.

Indeks FTSEurofirst 300 turun 1,7 persen di level 1.318,0, terendah sejak 12 April 2016.

Penulis : Aprillia Ika

Editor: Aprillia Ika

Sumber: Reuters

Sumber:

http://bisniskeuangan.kompas.com/read/2016/05/04/063200626/Saham.Tambang.dan.Bank.Jeblok.Bursa.Eropa.Turun.Terendah.Dalam.Tiga.Minggu?utm_source=WP&utm_medium=box&utm_campaign=Kknwp

KOMENTAR
Tags
Lihat selanjutnya
Close