Internasional

Sah, Perempuan Saudi Akhirnya Bisa Menyetir Sendiri

RIYADH, SENAYANPOST.com – Kegembiran dirasakan para perempuan di Arab Saudi. Mulai kemarin, Minggu (24/6), mereka memulai era kebebasan dengan diizinkannya mengendarai mobil sendiri.

Raja Salman Bin Abdulaziz mengakhiri larangan mengendarai mobil menjelang akhir tahun lalu dan berlaku mulai Minggu.

“Ini hari yang indah,” kata Samah al-Qussaibi, seorang wanita pengusaha, yang mengendarai mobil, Minggu dini hari seperti dilansir Reuters.

“Hari ini kita duduk di sini di kursi pengendara. Kemarin kita duduk di sana (belakang),” kata Al-Qussaibi lagi.

Seorang pengendara lainnya yaitu Samira al-Ghamdi, 47 tahun, memuji keputusan ini. Psikolog ini menyetir mobil ke tempatnya bekerja di Jeddah sambil mengatakan,”Ini hak-hak kami dan akhirnya kami mendapatkannya. Hanya masalah waktu bagi masyarakat untuk bisa menerima ini secara umum,” kata dia, yang berhasil mendapatkan izin mengemudi bersama sejumlah kecil perempuan lainnya sebelum izin mengemudi.

Komunitas internasional termasuk Barat memuji perubahan di Saudi ini sebagai sebuah tren progresif di Arab Saudi.

Raja Salman mengeluarkan keputusan soal izin mengemudi bagi kaum perempuan pada September 2017. Ini merupakan bagian dari reformasi massal yang dikomandoi oleh putranya yaitu putra mahkota Pangeran Mohammed bin Salman. Keduanya ingin mengubah ekonomi Saudi yang berbasis minyak bumi dan membuat masyarakat Saudi menjadi lebih terbuka.

Langkah lainnya dalam program itu, antara lain membuka bioskop dan mengizinkan perempuan menonton pertandingan sepak bola di dalam stadion.

Meski demikian, masih ada sejumlah hal-hal yang tidak boleh dilakukan perempuan Saudi, semisal membuka rekening bank sendiri.

Untuk membuka rekening bank atau bepergian, perempuan Saudi masih harus didampingi kerabat pria atau dibekali izin tertulis dari ayah atau suami. (WW)

KOMENTAR
Tags
Lihat selanjutnya
Close