Lintas Daerah

Sabana Terbakar, Jalur Wisata Bromo via Malang Ditutup

PROBOLINGGO, SENAYANPOST.com – Wisata Gunung Bromo yang memiliki ketinggian 2.329 meter dari permukaan laut (mdpl) yang lewat jalur Malang ditutup sementara sejak Sabtu (1/9/2018) hingga Minggu (2/9/2018) akibat kebakaran yang melanda hutan dan padang sabana di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS).

“Untuk sementara jalur Gunung Bromo lewat Malang dialihkan ke Pasuruan, sehingga wisatawan tetap bisa berkunjung ke Bromo lewat Pasuruan dan Probolinggo,” kata Kepala Seksi Pengelolaan Wisata Wilayah 1 Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) Sarmin, Minggu (2/9/2018).

Tiga jalur yang dilalui untuk menuju Gunung Bromo yakni di Kabupaten Probolinggo melalui Desa Ngadas, Kecamatan Sukapura. kemudian dari arah Pasuruan bisa melalui Desa Wonokitri, Kecamatan Tosari, dan kini yang ditutup sementara dari arah Lumajang dan Malang melalui Blok Jemplang.

“Untuk pintu masuk di Probolinggo dan Pasuruan masih aman untuk wisatawan, sehingga Gunung Bromo masih tetap dibuka untuk masyarakat umum,” katanya.

Sarmin berharap hutan dan padang savana bisa dipadamkan secepatnya, sehingga jalur wisata Gunung Bromo melalui Blok Jemplang Malang bisa kembali dibuka dan melayani wisatawan dari arah Malang.

“Mudah-mudahan besok bisa kembali normal jalur wisata Gunung Bromo lewat Malang,” tuturnya. (MU)

KOMENTAR
Tags
Lihat selanjutnya
Close