Nasional

Saat Jokowi Berhenti Berpidato karena Adzan Berkumandang

YOGYAKARTA, SENAYANPOST.com – Presiden Jokowi membuka acara Temu Nasional Kongres Wanita Indonesia ke-90 dan Sidang Umum International Council of Woman (ICW) ke-35 di Yogyakarta, Jumat (14/9).

Nah, saat berpidato, Jokowi sempat berhenti sejenak lantaran mendengar adzan Ashar.

Jokowi saat itu hadir sekitar pukul 14.00 WIB. Selang beberapa saat acara pun dimulai dengan mennyanyikan lagu Indonesia raya dan sambutan oleh Kongres Wanita Indonesia, Giwo Rubianto Wiyogo. Kemudia pada pukul 14.49 WIB, tiba gilirannya Jokowi berpidato.

Di hadapan ribuan ibu-ibu peserta kongres, Jokowi membuka pidato dengan mengingatkan kembali bahwa Indonesia merupakan negara besar di mana memiliki penduduk 263 juta penduduk, 34 provinsi, dan 514 kabupaten kota.

“Kita diberi anugerah oleh Allah SWT beragam, berbeda-beda, warna warni. Berbeda agama, adat, tradisi, berbeda bahasa daerah. Negara kita memliki 714 suku. 1100 lebih bahasa daerah. Enggak ada negara di mana pun yang memiliki keragaman seperti Indonesia,” jelasnya.

Di menit ke-6 Jokowi pidato, tiba-tiba terdengar suara azan.

“Inilah perbedaan-perbedaan, keragaman yang harus kita sadari bersama-sama. Apalagi kalau kita lihat negara kita dari Sabang sampai Merauke. Saya pernah terbang dari Banda Aceh menuju ke Wamena 9 jam 15 menit ditempuh. Itu kalau lkita terbang dari London di Inggris sampai Istanbul Turki itu melewati 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, sampai 8 negara. Artinya negara kita negara besar,” ujar Jokowi.

Tak lama kemudian, terdengar suara adzan. Begitu mendengar adzan, Jokowi langsung berhenti pidato tanpa aba-aba apa pun.

Peserta kongres pun menyadari bahwa Jokowi berhenti berpidato untuk menghormati suara adzan.

Suara azan tersebut terdengar jelas lantaran acara berlangsung di halaman hotel Inna Garuda.

Selama adzan berlangsung sekitar 3 menit lamanya, Jokowi tetap berada di atas panggung. Setelah adzan usai Jokowi pun melanjutkan pidatonya. (WW)

KOMENTAR
Tags
Lihat selanjutnya
Close