Rusuh Chicago, KJRI: WNI Aman

Rusuh Chicago, KJRI: WNI Aman

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Konsulat Jenderal RI (KJRI) Chicago menyampaikan Warga Negara Indonesia (WNI), yang tinggal di Kota Chicago, saat ini dalam kondisi aman.

Sebelumnya, kerusuhan yang terjadi di kota Chicago, Illionis, Amerika Serikat, pada Senin (10/8/2020), menyebabkan kerusakan serius terutama di sejumlah pertokoan.

KJRI Chicago mengimbau agar para WNI terus memantau berbagai imbauan yang dikeluarkan oleh KJRI Chicago melalui media sosial maupun jalur komunikasi lainnya.

WNI diimbau untuk menghindari tempat-tempat yang menjadi pusat kerusuhan dan KJRI membuka layanan hotline +13135479114.

Kerusuhan yang terjadi sejak Senin malam hingga dini hari waktu setempat itu, terpusat di wilayah “Magnificent Mile”.

Kawasan itupun dikenal sebagai sebuah kawasan kelas atas di tengah Kota Chicago sepanjang kurang lebih 2 km terdiri atas pertokoan, restoran, perhotelan dan perkantoran.

Warga yang terlibat dalam kerusuhan juga melakukan perusakan serta penjarahan massa di Apple Store, Best Buy, Nordstrom, dan Binny’s.

Sementara itu, belum terdapat informasi pasti penyebab aksi massa, namun pada Minggu (9/8/2020), dilaporkan telah terjadi peristiwa tembak menembak di kawasan Englewood (13 km selatan kota Chicago), antara aparat kepolisian dengan seorang terduga pelaku kejahatan, yang menyebabkan pelaku luka-luka.

Diberitakan media setempat bahwa pelaku menembakkan senjatanya ketika akan dihentikan petugas kepolisian, yang tengah menindaklanjuti laporan tentang adanya warga yang membawa senjata api di tempat umum.

Sedangkan, warga yang marah akibat peristiwa tersebut kemudian berkumpul dan sempat melakukan penyerangan kepada petugas kepolisian yang berakibat sejumlah petugas luka-luka dan kendaraan polisi rusak. (Jo)