Internasional

Rusia Sebut Keluarnya AS Bikin Situasi Dewan HAM Lebih Kondusif

JENEWA, SENAYANPOST.com – Minggatnya Amerika Serikat (AS) dari dewan membawa berkah. Begitulah setidaknya yang dirasakan oleh Rusia. Menurut Duta Besar Rusia untuk PBB di Jenewa, Gennady Gatilov, suasana kerja di Dewan HAM PBB menjadi lebih konstruktif dan politisasi berkurang drastis setelah keluarnya AS dari badan itu.

Berbicara saat menggelar jumpa wartawan di Jenewa, Gatilova ditanya apakah keluarnya AS mempengaruhi situasi di Dewan HAM. Dirinya menjawab, hal itu sangat mempengaruhi Dewan HAM, tapi secara positif.

“Ini (keluarnya AS) memiliki pengaruh. Dan, menurut pendapat kami, menjadi lebih baik. Suasana di Dewan telah menjadi jauh lebih konstruktif, tingkat politisasi dan retorika konfrontatif telah menurun,” ucap Gatilov, seperti dilansir Tass, Minggu (8/7).

Untuk itu pihaknya berharap bahwa kecenderungan ini akan berlanjut di masa depan. Menurutnya, ketakutan adanya adanya boikot AS yang dapat merusak reputasi Dewan HAM sebagai institusi universal adalah sesuatu tidak berdasar.

Gatilov mengatakan, Dewan HAM masih akan menerima AS, jika mereka memutuskan untuk kembali.

“Kesempatan untuk menjadi anggota dewan terbuka untuk setiap negara, termasuk bagi AS,” katanya.

Ia menambahkan, alasan sebenarnya AS keluar dari Dewan HAM adalah karena negara-negara anggota menolak permintaan AS untuk menjadikan Dewan HAM sebagai badan swasta, yang tidak terhubungan dengan PBB.

“Amerika menjelaskan bahwa mereka keluar dari Dewan HAM karena negara-negara anggota PBB menolak untuk mendukung tawaran mereka untuk mengubah Dewan HAM menjadi badan swasta,” ujarnya. (WW)

KOMENTAR
Tags
Show More
Close