InternasionalTak Berkategori

Rusia Peringatkan Inggris: Anda Bermain dengan Api dan Anda akan Menyesal

NEW YORK, SENAYANPOST.com – Peringatan keras bernada ancaman disampaikan Rusia kepada Inggris. Dalam sidang di Dewan Keamanan (DK) PBB, Rusia menganggap Inggris telah bermain-main dengan api karena menyalahkan atas serangan racun terhadap mantan mata-mata Kremlin dan putrinya.

“Kami telah memberi tahu rekan-rekan kami di Inggris bahwa ‘Anda bermain dengan api dan Anda akan menyesal’,” kata Duta Besar Rusia untuk PBB Vassily Nebenzia pada pertemuan dewan yang beranggotakan 15 negara yang dimintanya.

“Rusia tidak memiliki hak paten atas Novichok terlepas dari nama Rusia yang digunakannya,” tambah Nebenzia seraya mengatakan bahwa Amerika Serikat (AS) dan Inggris telah mengembangkan zat saraf seperti dikutip dari Reuters, Jumat (6/4/2018).

Sebelumnya Nebenzia meminta Dewan Keamanan menggelar pertemuan khusus Kamis (5/4/2018) sore di tengah perseteruan diplomatik dengan Inggris dan sekutunya. Sebulan setelah mantan agen ganda Rusia Sergei Skripal dan putrinya Yulia diracuni di kota Salisbury, Inggris, London dan Moskow tetap terkunci dalam pertempuran siapa yang harus disalahkan.

Pada hari Selasa, para ilmuwan Inggris tidak bisa membuktikan Rusia sebagai sumber racun Novichok yang digunakan terhadap mantan agen ganda Moskow Sergei Skripal di Salisbury, Inggris. Penyelidikan itu dilakukan para ilmuwan di Laboratorium Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Pertahanan Inggris di Porton Down.

Skripal—mantan intelijen Moskow yang berkhianat ke London—dan putrinya, Yulia Skripal, ditemukan tak sadarkan diri di sebuah bangku di kawasan Salisbury, 4 Maret 2018.

Keduanya saat ini masih tetap di rumah sakit. Menurut rumah sakit Salisbury District, Skripal masih dalam kondisi kritis namun stabil, sedangkan putrinya menunjukkan sudah mulai membaik. (WW)

KOMENTAR
Tags
Lihat selanjutnya
Close