Internasional

Rusia Kerahkan Sistem Pertahanan Rudal Tor-M2DT di Dekat Norwegia

MOSKOW, SENAYANPOST.com – Rusia telah mengerahkan sistem pertahanan rudal mobile baru, Tor-M2DT, dan menyerahkannya kepada unit-unit di Lembah Pechenga, dekat perbatasan Norwegia.

Armada Utara Militer Rusia, dalam sebuah pernyataan, mengatakan tentara sekarang dapat mengoperasikan sistem pertahanan udara baru tersebut.

Tor-M2DT adalah varian dari sistem Tor atau SA-15 Gauntlet yang pertama kali diperkenalkan pada akhir 1980-an. Sistem pertahanan rudal ini digerakkan oleh DT-30PM, sebuah kendaraan untuk segala medan.

Menurut militer Moskow, sistem pertahanan rudal itu mampu mendeteksi lebih dari 40 target udara, melacak dan menghantam hingga empat target secara bersamaan pada jarak hingga 12 kilometer dan pada ketinggian hingga 10 kilometer.

Lembah Pechenga terletak di Semenanjung Kola di sepanjang perbatasan dengan Norwegia dan Finlandia. Jarak dari pangkalan militer lokal ke Norwegia adalah sekitar 10 kilometer.

Terletak kurang dari 100 kilometer jauhnya adalah Vardo, kota Norwegia yang terkenal sebagai rumah sistem radar intelijen Globus.

Menurut Armada Utara Militer Rusia seperti dikutip The Moscow Times, tujuan penyebaran sistem pertahanan rudal Tor-M2DT adalah untuk mengamankan kontrol dan pertahanan ruang udara.

Ini bukan satu-satunya sistem pertahanan rudal baru yang baru-baru ini dikerahkan di perbatasan Rusia dengan Norwegia.

Pada bulan Juli, sistem rudal pantai Bal—oleh NATO dinamai SSC-6 atau Sennight—telah dipindahkan dari lokasi penempatan permanennya ke Semenanjung Sredny di pantai Laut Barents.

Sistem Bal dirancang untuk menargetkan kapal permukaan, tetapi juga dapat diterapkan terhadap target darat.

KOMENTAR
Tag
Show More
Back to top button
Close
Close