Sepak Bola

Rusia Kalahkan Spanyol Lewat Adu Penalti

MOSKWA, SENAYANPOST.com – Drama adu pinalti harus dilakoni Rusia dan Spanyol dalam pertandingan Piala Dunia 2018 di Stadion Luzhniki, Minggu (1/7/2018).

Sebelumnya, pada waktu normal dan tambahan waktu, kedua tim bermain imbang 1-1.

Namun akhirnya, timnas Rusia yang lolos ke babak perempat final setelah menyingkirkan Spanyol dalam adu penalti dengan skor 4-3

Eksekutor timnas Spanyol, Koke dan Iago Aspas, gagal mengeksekusi penalti sehingga Rusia unggul pada drama adu penalti kali ini.

Gol bunuh diri bek Rusia, Sergei Ignashevich, pada menit ke-12 membuka keunggulan Spanyol.

Rusia yang terus-menerus menekan akhirnya berhasil menyamakan kedudukan melalui titik putih yang dieksekusi oleh Artem Dzyuba pada menit ke-42.

Untuk pertama kalinya pada Piala Dunia kali ini, pertandingan babak 16 besar berlanjut hingga tambahan waktu dan adu penalti.

Pada babak pertama, Spanyol menguasai jalannya pertandingan dengan 72 persen penguasaan bola, sedangkan Rusia hanya mendapatkan 28 persen penguasaan bola.

Namun, Rusia lebih banyak mendapatkan peluang, dengan lima peluang, sedangkan Spanyol hanya mendapatkan tiga peluang.

Pada babak kedua, Spanyol masih belum bisa membongkar pertahanan Rusia.

Hingga akhirnya, pada menit ke-85, Andres Iniesta mencoba melepaskan tendangan keras dari luar kotak penalti.

Igor Akinfeev bisa menahannya dan bola memantul ke Iago Aspas, tetapi gagal dimanfaatkan dengan baik.

Rusia sempat mendapatkan peluang pada akhir laga melalui tendangan Fedor Smolov, tetapi masih melenceng jauh sehingga skor masih 1-1 hingga waktu normal berakhir.

Saat perpanjangan waktu usai, skor imbang 1-1 tetap bertahan dan laga pun harus dilanjutkan ke adu penalti.

Saat babak adu penalti itu, dua pemain Spanyol, yakni Koke dan Iago Aspas, gagal menjalankan tugasnya dengan baik. Tendangan keduanya bisa dihalau oleh Igor Akinfeev.

Sementara itu, semua eksekutor dari Rusia sukses menembus gawang dari De Gea. Rusia pun menang dengan skor (4-3).

Atas hasil ini, tuan rumah Piala Dunia 2018 itu melaju ke babak perempat final dan akan menghadapi antara Kroasia atau Denmark.

Berikut susunan pemain Spanyol vs Rusia untuk laga babak 16 besar Piala Dunia 2018:

Spanyol: 1-David de Gea; 4-Nacho Fernandez, 3-Gerard Pique, 15-Sergio Ramos, 18-Jordi Alba; 5-Sergio Busquets, 8-Koke; 20-Marco Asensio, 22-Isco, 21-David Silva; 19-Diego Costa.

Pelatih: Fernando Hierro

Rusia: 1-Igor Akinfeev; 13-Fyodor Kudryashov, 4-Sergei Ignashevich, 3-Ilya Kutepov, 2-Mario Fernandes, 18-Yuri Zhirkov; 11-Roman Zobnin, 7-Daler Kuzyaev, 17-Aleksandr Golovin, 19-Aleksandr Samedov; 22-Artem Dzyuba.

Pelatih: Stanislav Cherchesov

KOMENTAR
Tags
Lihat selanjutnya
Close