Ekonomi

Rupiah Hari Ini Lanjutkan Koreksi Perdagangan Kemarin

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Nilai tukar mata uang rupiah terhadap dolar AS diprediksi melanjutkan koreksi pada perdagangan hari ini, Jumat (5/7/2019). Hal itu merupakan koreksi wajar.

Menurut analis Binaartha Sekuritas Muhammad Nafan Aji Gusta, secara eksternal para pelaku pasar global sangat antusias dalam rangka menantikan data ketenagakerjaan Amerika Serikat atau US nonfarm payroll yang diproyeksikan positif.

Apabila hasilnya sesuai atau bahkan di atas ekspektasi, maka hal ini akan menjadi amunisi bagi para pelaku pasar global untuk mengakumulasi mata uang dolar AS dan menyebabkan volatilitas yang tinggi di pasar forex.

Secara internal, seperti dikutip bisnis.com, pengumuman data cadangan devisa per Juni yang diproyeksikan turun dari US$120,3 miliar menjadi US$118,4 miliar akan memberikan sentimen negatif bagi rupiah.

Hal ini juga ditambah dengan adanya sentimen berupa pemangkasan proyeksi pertumbuhan ekonomi Indonesia 2019 oleh World Bank dari 5,2% menjadi 5,1%.

Ia melanjutkan, secara teknikal, terlihat pola white closing marubozu candle pada USD-IDR Daily chart yang mengindikasikan adanya potensi penguatan lanjutan bagi dolar AS terhadap rupiah.

“Khusus untuk range USD-IDR maksimum hari Jumat adalah 14.045 – 14.205.”

Nilai Tukar Dollar AS Terhadap Rupiah di Pasar Spot Juli 2019
Tanggal Kurs USD/IDR (penutupan)
4 Juli Rp 14.135
3 Juli Rp 14.120
2 Juli Rp 14.139
1 Juli Rp14.113. (JS)

KOMENTAR
Tags
Show More
Back to top button
Close
Close