Ekonomi

Rupiah Diprediksi akan Diperdagangkan Naik Tipis

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Rupiah diprediksi akan diperdagangkan naik tipis pada Kamis (16/05/2019). Direktur Utama PT Garuda Berjangka Ibrahim memprediksi rupiah akan diperdagangkan di level Rp14.400 per dolar AS hingga Rp14.480 per dolar AS.

Sebelumnya, Rupiah ditutup melemah pada perdagangan Rabu (15/5/2019) di tengah meredanya perang dagang antara AS dan China, masih menjadi mata uang terlemah kedua di antara mata uang Asia.

Berdasarkan data Bloomberg, pada penutupan perdagangan Rabu (15/5/2019), rupiah melanjutkan pelemahan sepanjang 3 hari berturut-turut pada level Rp14.463 per dolar AS terdepresiasi 0,201% atau 29 poin di saat mayoritas mata uang Asia bergerak di zona hijau.

Ibrahim mengatakan bahwa perkembangan yang positif terkait perang dagang AS-China membuat dolar AS perkasa dan menjadi incaran investor.

Kemudian, katalis negatif yang membebani penguatan rupiah adalah laporan nerca perdagangan Indonesia menimbulkan kekhawatiran pasar bahwa transaksi berjalan Indonesia yang menjadi fondasi pergerakan rupiah akan semakin melebar, sehingga rupiah menjadi kehilangan pijakan untuk menguat.

Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan neraca perdagangan Indonesia berbalik negatif dengan defisit mencapai US$2,5 miliar, terbesar sejak Juli 2013. (JS)

KOMENTAR
Tags
Show More
Close