Ekonomi

Rupiah Dibuka Menguat ke Rp14.740 per Dolar AS

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Nilai tukar rupiah berada pada posisi Rp14.740 per dolar AS pada Rabu (27/5) pagi. Posisi tersebut menguat 0,1 persen dibandingkan perdagangan sebelumnya di level Rp14.755 per dolar AS.

Pagi ini, mata uang di kawasan Asia terpantau bergerak bervariasi terhadap dolar AS. Tercatat, yen Jepang menguat sebesar 0,03 persen, rupee India 0,38 persen, dan ringgit Malaysia 0,24 persen.

Begitu pula dolar Hong Kong yang tercatat menguat 0,01 persen dan won Korea Selatan 0,03 persen. Namun, dolar Singapura terpantau minus 0,11 persen, dolar Taiwan 0,02 persen, peso Filipina 0,09 persen, yuan China menguat 0,19 persen.

Sementara itu, mayoritas mata uang di negara maju terlihat melemah terhadap dolar AS. Tercatat, poundsterling Inggris terkoreksi 0,12 persen, dolar Australia 0,2 persen, dolar Kanada 0,11 persen, dan franc Swiss 0,07 persen.

Kepala Riset Monex Investindo Ariston Tjendra mengatakan pergerakan rupiah hari ini masih dipengaruhi oleh kebijakan pelonggaran lockdown di sejumlah negara. Ia menilai kebijakan itu direspons positif oleh pasar.

“Pasar masih akan mendapatkan sentimen positif dari bertambahnya negara yang melonggarkan kebijakan lockdown,” ucap Ariston.

Selain itu, penemuan vaksin virus corona di sejumlah negara juga menambah angin segar bagi pergerakan mata uang Garuda. Dengan demikian, Ariston meramalkan rupiah bertahan di teritori positif hari ini.

“USD IDR masih berpotensi bergerak menguat ke area support Rp14.650 per dolar AS dengan potensi resistance Rp14.850 per dolar AS dari sentimen positif tersebut,” jelas Ariston.

KOMENTAR
Tag
Show More
Back to top button
Close
Close