Peristiwa

Rumah Terbakar dan 5 Hewan Kurban Mati Terpanggang

NGAWI, SENAYANPOST.com – Jelang hari raya Idul Adha, musibah terjadi di Kabupaten Ngawi, sebuah rumah dan 5 ekor hewan ternak kurban terbakar hingga menimbulkan kerugian puluhan juta rupiah, Jumat (10/8/2018).

Kapolsek Kwadungan AKP I Wayan Murtika, mengatakan, kebakaran terjadi di rumah milik pasangan Sutrisno dan Nurhayati warga Desa Pojok, Kecamatan Kwadungan, Kabupaten Ngawi.

“Kebakaran tersebut membuat korban kehilangan rumah dan kandang. Selain itu, dua ekor sapi dan tiga ekor kambing juga mati terpanggang,” ujar AKP I Wayan.

Berdasarkan keterangan saksi, kebakaraan tersebut diduga disebabkan karena pemilik rumah kurang hati-hati menempatkan perapian pengusir nyamuk yang terbuat dari jerami dan belerang atau diang untuk ternak.

Sehingga, bara api dalam diang yang masih menyala merambat ke jerami lainnya hingga membakar kandang, ternak, dan akhirmya rumah.

Saat kejadian kebakaran, rumah dalam kondisi kosong. Sutrisno saat itu pergi ke sawah, sedangkan isrinya, Nurhayati pergi mengikuti pengajian. Di rumah tinggal terdapat anak kedua pemilik rumah yang masih kecil dan sang nenek yang pada saat kejadian sedang pergi ke rumah Suyitno, saudara Sutrisno yang bertetangga.

“Kepolisian masih menyelidiki penyebab pasti dari kebakaran tersebut dengan memintai keterangan sejumlah saksi,” katanya.

Tetangga sekaligus saudara korban, Suyitno mengatakan pihaknya mengetahui rumah Sutrisno terbakar saat anaknya Asep keluar rumah dan berteriak meminta tolong.

“Waktu itu api sudah besar membakar rumah dan kandang. Saya berusaha menyelamatkan ternak yang ada,” ungkap Suyitno.

Ia mengatakan, dari tiga ekor sapi dan sembilan ekor kambing yang berada di kandang, ia hanya bisa menyelamatkan satu ekor sapi dan enam ekor kambing. Sedangkan dua sapi dan tiga ekor kambing telah terpanggang.

Penghuni rumah kini mengungsi ke rumah tetangga dan masih syok karena kehilangan rumah dan sebagian besar harta bendanya.

Untuk memadamkan api, dikerahkan satu unit mobil pemadam kebakaran dari Pemkab Ngawi dan satu mobil tangki air dari BPBD setempat. Meski tidak menimbulkan korban jiwa, namun kerugian material yang diderita akibat peristiwa tersebut mencapai lebih dari Rp75 juta. (AF)

KOMENTAR
Tags
Show More
Close