Internasional

Rudal Houthi yang Mengarah ke Riyadh Ditembak Jatuh

JAKARTA, SENAYANPOST.com — Militer Arab Saudi dilaporkan berhasil mencegat dua peluru kendali (rudal) balistik yang berasal dari Yaman dan mengarah ke Ibu Kota Riyadh, Rabu (9/5/2018).

Kantor berita Saudi melaporkan empat ledakan setidaknya mengguncang pusat ibu kota saat pencegatan terjadi.

Dalam kesempatan terpisah, angkatan udara Saudi juga dilaporkan menembak jatuh sebuah rudal yang mengarah ke selatan Kota Jizan.

Dikutip Reuters, kelompok pemberontak Houthi di Yaman mengatakan telah meluncurkan peluru kendali ke pusat ekonomi Saudi.

Hingga kini belum ada laporan mengenai kerusakan akibat insiden tersebut.

Serangan rudal ini terjadi dua pekan setelah pasukan keamanan di Riyadh menembak jatuh pesawat tanpa awak atau drone tak dikenal yang terbang dekat kawasan Istana Kerajaan Saudi pada 21 April lalu.

Sehari sebelumnya, angkatan udara Saudi juga mencegat sebuah rudal balistik yang ditembakkan Houthi dari Yaman ke arah kota Jazan.

Hingga kini, Riyadh mencatat Houthi telah mencoba menembakkan rudalnya sebanyak 119 kali ke Arah Saudi.

Upaya serangan itu dilakukan Houthi sebagai pembalasan terhadap Saudi dan koalisinya yang ikut berperang di Yaman.

Sebab, sejak perang sipil pecah di Yaman pada 2015 lalu, koalisi Saudi yang terdiri dari 13 negara telah meluncurkan serangan udara di Yaman.

Operasi koalisi Saudi dilakukan demi menumpas Houthi dan membantu Presiden Abdrabbuh Mansur Hadi memulihkan pemerintahan.

 

KOMENTAR
Tags
Lihat selanjutnya
Close