Nasional

RSPI Sulianti Saroso Tunggu 2-3 Hari untuk Pastikan Terduga Kena Virus Corona

JAKARTA, SENAYANPOST.com — Untuk memastikan positif atau tidaknya seorang terduga atau suspect Virus Corona yang diisolasi di fasilitas kesahatannya, Rumah Sakit Penyakit Infeksi (RSPI) Sulianti Saroso membutuhkan proses beberapa hari.

Menurut Pokja Penyakit Infeksi Emerging RSPI, Pompini Agustina, Jumat (24/1/2020), Litbangkes membutuhkan waktu 2-3 hari.

Ia menambahkan, suspect sudah masuk ruang isolasi dan saat ini sedang uji laboratorium untuk mengetahui lebih lanjut apa pasien benar-benar terkena Corona Virus atau tidak.

“Kita ambil sample dahak dan cairan dalam hidung untuk penelitian,” katanya menambahkan.

Jika kelak terbukti positif, RSPI akan melanjutkan isolasi terhadap pasien tersebut. Untuk saat ini, suspect masih di ruang karantina dan tak boleh ditemui oleh siapapun.

“Tidak boleh dijenguk,” katanya.

Sebelum masuk RSPI, Pompini menyebut pasien tersebut mendapat Health Alert Card setiba di bandara saat kembali dari China, pada Rabu (22/1).

Penumpang tersebut mengalami demam di atas 38 derajat, radang tenggorokan, disertai flu dan batuk. Pada Rabu (22/1) malam, pasien tersebut datang ke RSPI atas kemauan dirinya sendiri.

Diketahui, Virus Corona disebut mulai mewabah di Wuhan, China. Virus ini kemudian tercatat menyebar ke berbagai negara, seperti Jepang, Korea Selatan, Amerika Serikat, Makau, hingga Thailand. (Jo)

KOMENTAR
Tag
Show More
Back to top button
Close
Close