Lintas Daerah

RSJ Jawa Barat Siap Tangani Caleg Stres

CISARUA, SENAYANPOST.com – Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Jawa Barat telah menyiapkan lima ruang perawatan yang bisa digunakan bagi calon anggota legislatif (caleg) maupun tim sukses yang stres akibat gagal dalam pemilihan umum (pemilu).

RSJ Jawa Barat yang berlokasi di Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat, merupakan penggabungan dari RSJ Bandung dan Cimahi yang secara administratif bernaung di bawah pengelolaa Pemerintah Propinsi Jawa Barat.

Menurut Kepala Bidang Keperawatan RSJ Cisarua, Nining Mariam, Minggu (21/4/2019), pihaknya telah menyiapkan lima ruang VIP yang siap digunakan untuk merawat pasien gangguan jiwa. Bisa juga digunakan merawat caleg dan tim sukses yang memerlukan penanganan.

Ia mengatakan, perlu tidaknya rawat inap bagi caleg atau tim sukses yang nantinya dirawat di RSJ ini, semuanya sangat bergantung hasil dari diagnosa dokter. Jika dianggap cukup rawat jalan, maka tidak perlu sampai dirawat inap.

“Pada prinsipnya, kalau ada yang sampai memerlukan penanganan khusus, maka kami siap merawatnya. Tapi sekali lagi semua tergantung pada pemeriksaan dokter,” katanya.

Nining mengungkapkan berkaca pada pengalaman pemilu sebelumnya tidak ada pasien gangguan jiwa yang berstatus caleg gagal. Namun setiap pemilu selalu menyiapkan ruangan VIP.

“Biaya perawatannya bisa menggunakan BPJS kesehatan ataupun asuransi kesehatan lainnya,” ucapnya. (JS)

KOMENTAR
Tag
Show More
Back to top button
Close
Close