RS Terbakar, 10 Pasien Corona Meninggal

RS Terbakar, 10 Pasien Corona Meninggal

JAKARTA, SENAYANPOST.com - Sebanyak 10 pasien corona Covid-19 tewas dan lainnya dalam kondisi kritis setelah kebakaran melanda instalasi gawat darurat sebuah rumah sakit di Rumania pada Sabtu (14/11).

Juru bicara rumah sakit tersebut menyatakan, kebakaran itu terjadi pada petang hari di instalasi gawat darurat sebuah rumah sakit di kota Piatra Neamt. Kebakaran baru bisa diatasi sejam setelah tim pemadam datang.

"Sepuluh pasien dinyatakan tewas dan tujuh orang dalam kondisi kritis, termasuk seorang dokter," kata juru bicara rumah sakit, Irina Popa, dilansir CNN Indonesia.

Delapan korban tewas terbakar dan dua lainnya dinyatakan meninggal setelah dievakuasi.

Dokter jaga yang berusaha menyelamatkan para korban mengalami luka bakar tingkat dua dan tiga yang mencapai hingga 80 persen dari tubuhnya.

Penyebab kebakaran tersebut masih belum pasti dan jaksa penuntut umum membuka penyelidikan atas kasus tersebut.

Menteri kesehatan setempat menduga api berasal dari hubungan arus pendek listrik.

Pemerintah daerah setempat kemudian membuka sel darurat dan Menteri Kesehatan Nelu Tataru diharapkan mengunjungi tempat kejadian.

Sementara itu, Rumania dalam beberapa pekan terakhir mengalami jumlah kasus dan rawat inap terkait virus corona setelah sekian lama terhindar dari gelombang pandemi yang menyapu Eropa tersebut.

Pada Sabtu (14/11), dilaporkan sebanyak 129 kasus baru yang fatal dan angka kematian terkait Covid-19 di negara tersebut telah mencapai 8.813 sejak awal pandemi.

Negara berpenduduk 19 juta jiwa tersebut merupakan salah satu negara miskin di Uni Eropa dan ketersediaan fasilitas kesehatan menjadi tantangan di tengah pandemi.

AFP melaporkan, kondisi tersebut diperparah dengan sistem kesehatan yang buruk dengan ketersediaan dokter yang minim, terutama di kota-kota kecil.

Kasus kebakaran ini merupakan yang terparah di Rumania sejak Oktober 2015, ketika pertunjukan kembang api menyebabkan kebakaran di sebuah klub malam yang menewaskan 64 orang.