Hot Isu

RS Darurat Wisma Atlet Rawat 71 Pasien Terpapar Corona

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Walau baru dibuka, sudah ada 102 pasien yang telah mendaftar di RS Darurat Corona Wisma Atlet Kemayoran. Kepala Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Doni Moenardo mengungkapkan dari jumlah tersebut, 71 orang di antaranya dirawat.

“Terakhir sampai dengan jam 11.00 WIB terdapat 102 orang pasien yang mendaftar mulai kemarin sore. Kemudian yang dirawat 71 orang,” ujar Doni saat memberikan keterangan melalui siaran langsung akun Instagram Sekretariat Kabinet, Selasa (24/3/2020).

Doni menuturkan dari 71 orang itu terdapat dua orang dirujuk ke RSPAD Gatot Subroto karena kondisinya kurang baik. Sedangkan 31 orang sisanya dipulangkan.

“Kemudian yang dipulangkan sebanyak 31 orang. Menurut data yang berhasil dikumpulkan petugas medis mereka dalam kondisi sehat walafiat,” katanya.

Sementara itu Kepala Staf Kodam Jaya Brigjen M. Saleh Mustafa mengatakan, dari 71 pasien yang dirawat, 32 di antaranya adalah perempuan dan 39 sisanya laki-laki.

“71 pasien yang diisolasi, ada 32 (pasien) perempuan dan 39 (pasien) laki-laki. Namun, yang masuk dalam pendaftaran per hari ini lebih dari 100,” kata Saleh dalam konferensi pers di Wisma Atlet yang disiarkan secara langsung oleh CNN TV.

Saleh mengatakan RS Darurat Corona di Wisma Atlet ini memang dibatasi. Tidak semua orang dapat mendaftar untuk diperiksa terkait corona.

Menurut Saleh, sejak diumumkan sebagai RS Darurat Penanganan Corona, Wisma Atlet mulai didatangi masyarakat yang merasa sudah terinfeksi virus corona, termasuk golongan masyarakat yang masih sehat.

“Sehingga mungkin karena mereka merasa pernah berhubungan dengan yang terjangkit, ketakutan, hingga ingin periksa. Kepada mereka kita anjurkan kembali ke rumah dan isolasi mandiri,” ujarnya.

Saleh mengatakan untuk tenaga medis, sampai saat ini ada 64 dokter yang terdiri dari 16 dokter spesialis dan 48 dokter umum yang menangani para pasien corona di Wisma Atlet. Selain itu ada 430 orang relawan yang terdiri dari TNI, Polri, hingga masyarakat sipil yang ikut membantu sebagai tenaga medis.

“Dari TNI, Polri, ada 317 personel, sedangkan dari tenaga sipil atau relawan sipil ada 113 orang,” jelasnya.

Ia menambahkan anggota TNI dan Polri juga disiagakan untuk membantu pengamanan di sekitar lingkungan Wisma Atlet. Terdapat 432 personel TNI dan 152 personel Polri yang bergantian mengamankan lokasi. (WS)

 

KOMENTAR
Tag
Show More
Back to top button
Close
Close