Ronaldo Jadi Pesepak Bola Eropa Pertama yang Cetak 100 Gol di Level Timnas

Ronaldo Jadi Pesepak Bola Eropa Pertama yang Cetak 100 Gol di Level Timnas
Cristiano Ronaldo

JAKARTA, SENAYANPOST.com - Striker Timnas Portugal, Cristiano Ronaldo tak henti-hentinya mencetak rekor demi rekor. Terbaru, penyerang klub raksasa Liga Italia, Juventus, itu menjadi pemain Eropa pertama yang mengoleksi 100 gol di level tim nasional.

Pada laga lanjutan UEFA Nations League, Cristiano Ronaldo memborong dua gol untuk membawa timnya menang 2-0 atas Swedia. Tambahan dua gol membuatnya kini mencatatkan 101 gol, jauh melebihi pemain manapun di Eropa di level tim nasional.

Rekor tersebut sebenarnya bisa saja didapat lebih dini. Sayang, pada laga melawan Kroasia beberapa hari lalu, ia urung tampil karena infeksi yang menyerang jari kakinya.

Cristiano Ronaldo lantas mengamuk pada laga kontra Swedia. Ia mencetak dua gol, masing-masing menit 45' dan 72' untuk membawa tim besutan Fernando Santos itu menang 2-0 pada lanjutan UEFA Nations League.

Cristiano Ronaldo unggul jauh dari Ferenc Puskas, striker Timnas Bulgaria yang mengoleksi 84 gol. Sementara itu, tempat ketiga dihuni oleh Miroslav Klose yang mencatatkan 71 gol buat Timnas Jerman.

Top skor sementara masih dipegang legenda Timnas Iran, Ali Daei yang sukses menceploskan 109 gol sepanjang kariernya. Itu artinya, Cristiano Ronaldo membutuhkan delapan gol untuk setidaknya menyamai rekor tersebut.

Cristiano Ronaldo membutuhkan 16 tahun untuk menjadi top skorer Timnas Portugal. Gol perdananya ia lesakkan pada Piala Eropa 2004 silam kala usianya masih 19 tahun.