Ekonomi

Riset UI: Gojek Sumbang Rp55 T ke Ekonomi

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Lembaga Demografi Universitas Indonesia (LD FEB UI) merilis hasil riset terbaru ya di mana pada tahun 2018, Gojek berkontribusi sebesar Rp55 triliun terhadap perekonomian Indonesia. Angka ini dihitung menggunakan asumsi 100% mitra Gojek aktif.

Sebelumnya, LD FEB UI juga menyebut bahwa dampak ekonomi Gojek mencapai Rp44 triliun dengan menggunakan metode yang lebih konservatif, yaitu 75% mitra aktif.

Salah satu peneliti LD FEB UI, Bagus Takwin menyatakan, selain berkontribusi terhadap ekonomi nasional, para mitra Gojek juga turut mengakui adanya manfaat lain di luar keuntungan ekonomi yang diperoleh dari Gojek.

“Mereka melihat hidup menjadi lebih bermakna karena dengan menjadi mitra Gojek, mereka bisa membantu banyak orang dan menebarkan kebaikan. Dalam konteks industri digital yang menganut sistem kemitraan seperti Gojek, makna kerja menjadi penting karena setiap orang punya pilihan dan otonomi dalam bekerja, yang mana ini lebih memberdayakan mitra,” papar Bagus.

Dia menambahkan, bahwa mitra memaknai pekerjaan mereka lebih dari sekadar menghasilkan uang untuk memenuhi kepentingan sendiri.

Selain mendapatkan tambahan pendapatan, mitra Gojek juga puas dan bahagia dengan hidupnya yang menjadi lebih baik setelah bergabung dengan Gojek.

Menurut Bagus, tingkat kepuasan ini bisa dilihat dari riset The Satisfaction with Life Scale (SWL) dari Pavot dan Dienner. Riset tersebut menemukan bahwa skor rata-rata kebahagiaan mitra mencapai 24,3 dari skala maksimal 35.

Tingkat kepuasan ini merupakan bagian dari penelitian dengan metode kuantitatif yang mewancarai langsung 6.732 responden di sembilan kota yang terdiri dari 3.886 mitra GoRide, 1.010 mitra GoCar, 1.000 mitra GoFood, dan 836 mitra GoLife.

Siti misalnya, salah satu mitra Gofood dari Makassar. Ia mengatakan bangga menjadi mitra Gofood karena bisa bermanfaat bagi keluarga dan teman-temannya.

“Kebanggaan saya, paling tidak, bisa bermanfaat bagi keluarga saya, itu yang terutama. Selama saya jadi mitra, ya alhamdulillah, paling tidak saya bisa bermanfaat untuk teman-teman saya, buat keluarga saya,” tuturnya.

KOMENTAR
Tag
Show More
Back to top button
Close
Close